loading...

Rabu, 08 Juli 2020

Sudah 5 Bulan Menangani Jenasah Covid-19, Ini Tim Khusus Dibalik Baju APD | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Makassar – Perjuangan tenaga medis dalam menangani pasien yang terpapar Covid-19 sudah selayaknya mendapat apresiasi dan penghormatan, sebagai pahlawan di masa pandemi ini.

Selain tenaga medis, dibalik baju Alat Pelindung Diri (APD) berwarna putih, ada juga tim lain. Ikut membantu penanganan jenasah Covid-19.

Petugas yang memakai baju putih-putih atau sering disebut baju astronot ini bukan dari tenaga medis.

Tapi berasal dari personel Brimob Polda Sulsel. Selama pandemi, terus mengawal jenasah covid dari rumah sakit sampai ke pemakaman.

Tim khusus ini turut berjasa dalam melawan pandemi Covud-19, sehingga perlu diperhitungkan keberadaannya.

Mereka adalah tim yang mengantar dan memakamkan pasien Covid-19 di TPU Macanda, Gowa.

Mereka adalah personel Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel yang khusus ditugaskan membantu tenaga medis dalam penanganan jenasah Covid-19 di Kota Makassar.

Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto saat ditemui membenarkan, pihaknya ikut serta dalam tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kota Makassar.

Darminto menyampaikan apa yang dilakukan oleh anggotanya, semata-mata sebagai tindakan kemanusiaan. Tentunya hal itu sesuai dengan protap atau prosedur kesehatan yang telah ditentukan.

"Semua pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan protap. Hal itu semata – mata dilaksanakan sebagai tindakan kemanusiaan, sebagai wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," ucap Darminto.

Personel Batalyon A Pelopor yang akan melaksanakan pemakaman juga dilengkapi dengan APD lengkap yang kemudian dibekali tata cara mengangkat peti, menurunkan peti sampai dengan mengubur ke liang lahat.

Personel Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel yang khusus ditugaskan membantu tenaga medis dalam penanganan jenasah Covid-19 di Kota Makassar

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis ditemui ditempat terpisah menerangkan, sudah 5 bulan Personel Satbrimob yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kota Makassar disiagakan 24 Jam. Untuk menjemput hingga memakamkan pasien Covid – 19.

Anis mengatakan, personel tersebut
sudah dibekali dengan pengetahuan tentang pemulasaraan jenazah Covid-19. Jadi mereka bekerja sesuai dengan SOP atau standar yang telah ditetapkan.

"Ini merupakan wujud Bhakti Brimob yang tidak semua orang bersedia melaksanakannya" tutup Anis.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...