loading...

Selasa, 07 Juli 2020

Polres Majene luncurkan Kampung Tangguh COVID-19 | Makassar Info Berita Terbaru


Mamuju (ANTARA) - Polres Majene Provinsi Sulawesi Barat meluncurkan Desa Palipi Soreang, Kecamatan Banggae sebagai Kampung Tangguh COVID-19.

Kapolres Majene Ajun Komisaris Besar Polisi Irawan Banuadji, pada peluncuran Kampung Tangguh, selasa menyampaikan, pembentukan kampung tangguh itu merupakan instruksi Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Eko Budi Sampurno sebagai upaya agar masyarakat memiliki inisiatif yang tinggi dalam pencegahan COVID-19.

"Termasuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, menjaga semangat kebersamaan dalam menangani COVID-19, mengantisipasi dampak ekonomi serta sosialisasi ke masyarakat usia produktif untuk tetap bekerja dalam konsep normal baru," terang Irawan Banuadji.

Ia menilai, pada bidang ketahanan pangan di Desa Palipi Soreang tersebut sangat aktif, dengan memanfaatan lahan tidur, termasuk pembuatan kolam ikan dan perpustakaan desa sebagai sarana informasi.

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Majene tetap memperhatikan apa yang sudah dicanangkan sehingga ke depan, akan lahir desa lainnya yang menjadi kampung tangguh," harap Irawan Banuadji.

Penjabat Sekretaris Kabupaten Majene Burhan Usman mengatakan, pemerintah setempat akan tetap mendukung semua kegiatan yang mengarah kepada keberlangsungan hidup masyarakat di berbagai sektor, termasuk kampung tangguh.  

"Termasuk memfasilitasi berbagai bantuan, baik itu berupa bibit tanaman dari Dinas Peternakan dan Perkebunan maupun bibit ikan lele dari Dinas Kelautan dan Perikanan," ujar Burman Usman.

Sementara, Kapolda Sulbar Irjen Polisi Eko Budi Sampurno yang juga hadir pada peluncuran Desa Tangguh tersebut berharap agar kegiatan itu tidak hanya kegiatan seremonial belaka tetapi harus memikirkan kelanjutan dari program kampung tangguh tersebut.  

"Seperti, solusi pemasaran dari berbagai hasil komoditas yang sudah dilakukan oleh warga. Para perangkat daerah harus tetap mengawasi berbagai hasil produksi dari warga yang ada dan tetap dituntun dalam hal olah produksinya," kata Eko Budi Sampurno.

Kepala Desa Palipi Soreang Wardin Wahid mengatakan, kampung tangguh merupakan program yang digagas Polres Majene untuk mengedukasi masyarakat agar peduli dengan pencegahan penyebaran COVID-19, termasuk lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.

Ia mengapresiasi Kapolda Sulbar dan Kapolres Majene yang telah menempatkan Desa Palipi Soreang sebagai wadah edukasi bagi semua warga dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Ada empat divisi yang terbentuk pada pembentukan Kampung Tangguh, yakni Divisi Tangguh Ketahanan Pangan, Tangguh Keamanan, Tangguh Kesehatan dan Tangguh Informasi," terang Wardin Wahid.



Sumber : Makassar.AntaraNews.Com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...