loading...

Jumat, 10 Juli 2020

pengadilan turki setujui usulan hagia sophia jadi masjid | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Pengadilan Turki mengumumkan keputusan untuk kembali memfungsikan museum Hagia Sophia menjadi masjid.

Mengutip CNN, pengadilan administratif utama Turki membatalkan keputusan presiden 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum.

Kendati demikian, putusan pengadilan ini masih menunggu keputusan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Keputusan ini menindaklanjuti rencana Erdogan yang hendak mengembalikan fungsi museum sebagai masjid. Menurutnya, bangunan bersejarah tersebut sebagai museum merupakan langkah yang keliru.

Rencana tersebut sempat menuai protes dari banyak pihak, salah satunya Amerika Serikat.

Hagia Sophia tidak akan disebut museum. Status itu akan dicabut. Kita akan menyatakan Hagia Sophia adalah masjid. Mereka yang berkunjung ke Hagia Sophia akan datang ke sebuah masjid," kata Erdogan seperti dilansir AFP, Kamis (28/3).

Alasan Erdogan menyatakan akan mengubah status Hagia Sophia sedikit beraroma politis. Sebab, saat ini dia sedang mengumpulkan dukungan untuk partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), dalam menghadapi pemilihan kepala daerah pada 31 Maret mendatang.

Hagia Sophia semula adalah gereja di Konstantinopel (sekarang Istanbul) yang dibangun di masa Kekaisaran Byzantium. Setelah Konstantinopel ditaklukkan oleh Sultan Muhammad al Fatih atau Mehmed II dari Kekhalifahan Ottoman, atau disebut juga Kesultanan Utsmani, fungsi bangunan itu diubah menjadi masjid.

Setelah Kekhalifahan Ottoman runtuh dan berganti dengan Republik Turki yang sekuler, Hagia Sophia diubah menjadi museum.

Kegiatan keagamaan, seperti salat berjamaah atau membaca Alquran yang dilakukan di tempat itu kerap membuat umat Islam dan Kristen berselisih. Sedangkan kalangan sekuler menyatakan Hagia Sophia boleh didatangi seluruh umat beragama. Baik untuk sekedar berdoa atau menikmati keindahan bangunannya.

(evn)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...