loading...

Minggu, 12 Juli 2020

Penampakan Buah Merah, Tanaman Papua yang Diyakini Bisa Lawan Covid-19 | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Jakarta – Buah merah yang merupakan tanaman endemik Papua menjadi salah satu tanaman yang diyakini bisa dikonsumsi untuk melawan penyebaran virus covid-19.

Buah ini diketahui punya berbagai manfaat positif bagi tubuh. Buah ini diyakini mampu membantu menyembuhkan beragam penyakit, dan hal ini telah dibuktikan masyarakat Wamena. 

Mereka banyak memanfaatkan buah merah untuk mengobati penyakit seperti cacingan, mata, dan tifus, maupun untuk meningkatkan stamina dan imun tubuh.

Peneliti yang juga dosen Universitas Cendrawasih Jayapura, I Made Budi menyampaikan, buah berwarna merah lonjong yang dikenal dengan nama ilmiah Pandanus Conoideus Lam ini termasuk dalam keluarga pandan. 

Panjangnya bisa mencapai 55 cm dan bobot 2-3 kg, memiliki diameter sekitar 10-15 cm, serta tumbuh di ketinggian 3.000 m diatas permukaan laut.

Buah yang banyak ditemui di Jayapura, Manokwari, Nabire dan Wamena ini disebut memiliki berbagai zat anti oksidan dan senyawa aktif serta vitamin yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Guna menyebarkan manfaatnya lebih luas, I Made Budi pun membuat sari buah merah dalam kemasan.

"Di dalam buah merah terkandung senyawa aktif carotenoid, tocopherol, betacarotein, B-cryptoxantin, asam oleat, decanoat, natrium, calsium, fosfor, omega 3, serta vitamin A, C dan E," ungkap I Made Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu 11 Juli 2020.

Pada berbagai kasus, buah merah digunakan untuk pendamping obat dokter bagi penderita HIV/AIDS, kanker payudara, stroke, tumor, hepatitis, TBC, gangguan paru, memperlancar peredaran darah, asam urat darah tinggi dan meningkatkan stamina. 

Dan dalam masa pandemi ini ternyata buah merah mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh para penderita Covid-19.

Sejumlah pasien Covid-19 yang pernah menghuni Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, dinyatakan negatif, setelah mengonsumsi sari buah merah selama rata-rata satu minggu. 

Hal ini, menurut Made Budi, dikarenakan buah merah mampu meningkatkan fungsi kerja Sel T dalam darah putih untuk melawan virus.

Meskipun begitu, lanjut Made Budi, khasiat buah merah bisa dirasakan apabila buah tersebut telah melalui proses yang benar. 

"Kita berharap dengan kejadian ini, pemerintah dapat mempertimbangkan menggunakan buah merah yang merupakan tanaman herbal alami asli Indonesia untuk penyembuhan para pasien Covid-19," harap Made Budi.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...