loading...

Sabtu, 04 Juli 2020

Mau Mendaki Selama New Normal? Ini Daftar Gunung yang Dibuka | Makassar Info Berita Terbaru


Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Mendaki gunung merupakan kegiatan yang paling dirindukan selama pandemi Covid-19 bagi pecinta alam, bagaimana tidak, para pendaki selalu dibuat terpesona dengan keindahannya lalu tetiba dipaksa berdiam diri dirumah.

Adanya New Normal, beberapa gunung dibuka dengan protokol yang sudah ditentukan, sehingga pcinta alam kembali bisa menikmati pesona gunung, berukut daftarnya

1. Gunung Tangkuban Parahu, Subang

Setelah ditutup sementara akibat pandemi virus corona, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu kembali dibuka untuk wisatawan. Sejak 13 Juni 2020, wisatawan sudah bisa menikmati salah satu gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Subang dan Bandung Barat, Jawa Barat, tersebut.

Gunung yang terkenal akan legenda Sangkuriang-nya tersebut dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh pengunjung akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, diwajibkan mengenakan masker, dan dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan.

2. Gunung Papandayan, Garut

Gunung Papandayan menjadi gunung pertama yang telah dibuka per 8 Juni 2020 dengan penerapan adaptasi kenormalan baru atau new normal.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, ada sejumlah protokol kesehatan yang diberlakukan sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Protokol yang diterapkan di antaranya wajib mengenakan masker dan melakukan pengecekan suhu tubuh di area pintu masuk Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan. Protokol-protokol lain seperti cuci tangan dan menjaga jarak juga harus diterapkan.

Pendaki juga harus membawa surat keterangan sehat dan memastikan dirinya tidak sedang sakit. Jika ternyata ditemukan gejala-gejala mendadak seperti batuk, flu, atau demam, maka akan segera ditangani oleh Satgas Penanganan COVID-19 untuk dibawa ke rumah sakit.

3. Gunung Cikuray, Garut

Masih berada di daerah Jawa Barat tepatnya di Garut, Gunung Cikuray juga telah dibuka kembali sejak 8 Juni lalu. Gunung Cikuray pun memberlakukan protokol new normal ketat.

Standar protokol yang diberlakukan oleh pengelola Gunung Cikuray juga tidak jauh berbeda dengan gunung-gunung sebelumnya. Mulai dari wajib mengenakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, serta menjaga jarak aman. Setiap kelompok pendaki juga dibatasi jumlahnya, yaitu maksimal 10 orang.

Editor: Asrul

Iklan PDAM


Sumber : SULSELSATU.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...