loading...

Senin, 06 Juli 2020

manfaatkan ia cepa, wamendag minta pengusaha kerek daya saing | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dalam menanggapi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA). Pasalnya, terdapat ketentuan terkait kerja sama.

"Misalnya, dalam sektor teknik terdapat klausul yang mengakomodasi kerja sama peningkatan kapasitas insinyur Indonesia. Indonesia telah mencapai Washington Accord Provisional Status pada Juni 2019 dan menargetkan penyelesaian Washington Accord Signatory Status pada 2021. Akreditasi tersebut diperlukan agar kemampuan insinyur Indonesia diakui di Australia sehingga bisa mencari pekerjaan atau proyek di sana," jelas Jerry dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (7/7).

Contoh lain adalah dalam peningkatan daya saing perawat. Pasar perawat Indonesia di negara-negara asing selama ini sangat diminati.

"Dengan adanya pengakuan terhadap akreditasi perawat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan membuka lebar peluang kerja bagi perawat Indonesia pada sektor kesehatan di Australia," imbuhnya.

Jerry mengajak berbagai pihak untuk memanfaatkan peluang dari berlakunya IA-CEPA mulai bulan ini. Ia mengingatkan mengingatkan IA-CEPA tidak hanya menyangkut soal perdagangan barang. Namun, juga meliputi isu bidang ekonomi, investasi, peningkatan kapasitas tenaga kerja, investasi, kesehatan, persaingan usaha, perdagangan jasa, pariwisata, transportasi, dan aturan ketentuan legal lainnya.

"Jadi, cakupannya sangat luas dan bisa dimanfaatkan oleh banyak pemangku kepentingan di tanah air. Karena itu, kita harus memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya," ungkapnya.

Jerry menyampaikan, pasar Australia sangat penting bagi produk barang dan jasa Indonesia. Selain itu, Australia merupakan mitra penting sebagai sumber investasi Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Dengan berlakunya IA-CEPA, Jerry optimistis arus produk Indonesia ke Australia akan semakin besar dengan penurunan tarif seluruh bea masuk menjadi 0 persen.

"Arahan Presiden kemarin sudah sangat jelas yaitu bahwa investasi dan ekspor akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi nasional. IA-CEPA menjadi bagian dari upaya itu," terangnya.

Ia juga menambahkan, meskipun perundingan telah selesai dan diberlakukan, tetapi tugas Kementerian Perdagangan (Kemendag) belum berakhir. Sebab, Kemendag bertugas untuk melakukan sosialisasi, memberikan pendampingan, dan mengawal pelaksanaan perjanjian ini sehingga memberikan dampak signifikan sesuai dengan yang diharapkan. 

(sfr)

Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...