loading...

Senin, 06 Juli 2020

Lewat Kelas Virtual, PLUT Sulsel Beri Pendampingan UKM Paguyuban SRC | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Makassar – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sulsel memberikan pendampingan kepada pelaku usaha ritel yang tergabung dalam paguyuban SRC (Sampoerna Ritel Community).

Pendampingan ini dimulai dengan kelas perdana secara virtual, Senin, 6 Juli 2020. Selanjutnya dilakukan rutin secara online sekali sepekan maupun pendampingan secara langsung di gedung PLUT Sulsel maupun lokasi usaha.

Sesi perdana pendampingan paguyuban SRC ini diisi dengan materi penerbitan nomor induk berusaha (NINB) dan izin usaha mikro (IUMK) melalui online single submission.

Materi dibawakan Koordinator Konsultan PLUT Susel, Bahrul Ulum Ilham dan Konsultan IT PLUT Sulsel, Ahyar Muawwal.

Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul mengatakan, dengan aplikasi Online Single Submission (OSS), pelaku UMKM dapat mengurus izin usaha dari mana saja secara digital.

Pelaku usaha, kata dia, hanya diminta mengisi informasi pribadi serta Nomor Induk kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk- Elektronik (e-KTP) dan langsung bisa dicetak.

Ketua paguyuban SRC Makassar 1, Mappaenyong menyambut baik adanya dukungan PLUT Sulsel terhadap pengusaha ritel yang bergabung dengan SRC.

Dikatakannya, melalui SRC para anggota dapat meningkat fisik toko miliknya menjadi tertata rapi sehingga konsumen yang berbelanja merasa nyaman.

"Dengan pendampingan PLUT kami berharap manajemen usaha bisa lebih baik dan usaha kami bisa naik kelas," katanya.

Ditambahkannya, Paguyuban SRC merupakan wadah komunikasi dan saling berbagi. Berbagai kegiatan rutin telah dilakukan seperti bazar sembako, peluncuran produk lokal, pelatihan bisnis, dan lainnya.

"Upaya ini dilakukan sebagai bentuk penggerakan ekonomi, tidak hanya SRC tetapi juga wilayah di mana kami menjalankan usaha," pungkasnya.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...