loading...

Selasa, 07 Juli 2020

jokowi prabowo akan tinjau food estate bersama di kalteng | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah. Mereka akan meninjau lokasi pembuatan kawasan Food Estate yang akan digarap Kementerian Pertahanan.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak dalam sebuah webinar, Selasa (7/7).

"Hari Kamis Pak Menhan dan Pak Presiden akan meninjau lokasi di Kalimantan Tengah terkait rencana dengan Food Estate," kata Dahnil.

Dahnil mengatakan Kemenhan saat ini tidak hanya fokus di segmen pertahanan, tetapi juga diberi mandat untuk memperkuat sektor pangan di Indonesia. Salah satu proyeknya adalah Food Estate di Kalimantan Tengah.

"Hari ini (sekarang) Kemhan diberi tanggung jawab oleh presiden sebagai leading sector untuk memperkuat food estate," kata Dahnil.

Dahnil mengatakan Food Estate bakal menjadi suatu cadangan strategis milik Indonesia dan dikelola langsung oleh TNI. Dia mengatakan negara-negara adidaya juga kini tengah memperkuat ketahanan pangan masing-masing.

Dahnil mengatakan Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, selain militer, juga memiliki ketahanan pangan yang kuat. Tidak seperti negara di Asia dan Afrika.

Menurut Dahnil, sejauh ini negara-negara Asia dan Afrika masih cenderung memperkuat industrinya. Dia mengatakan itu merujuk pada survei yang dilakukan The Economist pada 2017 lalu.

"Asia-Afrika yang memang sejak awal itu mendorong pertumbuhan, kemudian industrialisasi justru meninggalkan sektor pertanian. Sedangkan Eropa dan Amerika sekarang sudah mulai deindustrialisasi, malah mereka mulai masuk ke ekonomi hijau dan sebagainya," kata Dahnil.

Dahnil mengatakan Indonesia ingin mulai memperkuat ketahanan pangan. Sebab, kata Dahnil, pada akhirnya yang dibutuhkan masyarakat adalah tempat tinggal dan pangan.

"Maka negara dalam hal ini Presiden, Pak Menhan merevitalisasi logistik kita, pangan kita dengan melalui food estate itu," kata dia.

Sebelumnya Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pihaknya bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk mengembangkan kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah demi ketahanan pangan.

Kerja sama dijalin dengan Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Kementerian BUMN untuk mengembangkan kawasan Food Estate.

"Kita harus punya cadangan pangan dan punya lahan tetap untuk tanaman pangan yang akan dikembangkan. Jadi lahan tersebut tidak boleh berubah fungsi," kata dia, dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (24/6).

(tst/bmw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...