loading...

Sabtu, 04 Juli 2020

jokowi minta kampus kerja sama dengan industri terdekat | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi bekerja sama dengan kawasan industri terdekat.

Kerja sama yang dimaksud Jokowi dalam berbagai bentuk misalnya pembukaan fakultas maupun program studi yang karakter keilmuannya dekat dengan jenis industri di kawasan tersebut.

"Saya ajak perguruan tinggi agar lebih aktif kerja sama dengan industri termasuk kerja sama dengan kawasan industri terdekat," katanya dalam pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia, Sabtu (4/7).

Ia menuturkan kerja sama dengan kawasan industri tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa. Selain itu, harapannya kerja sama itu bisa meningkatkan pengembangan teknologi bagi dunia industri.

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki posisi strategis dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mencetak generasi muda yang kompetitif. Hal-hal tersebut, merupakan sejumlah syarat yang harus dipenuhi suatu bangsa untuk menjadi negara penghasilan tinggi.

"Perlu saya tegaskan bahwa tugas mulia tersebut tidak bisa dilakukan dengan cara biasa saja. Kesempatan kita sangat sempit tidak bisa hanya dengan rutinitas saja, tidak bisa dengan cara biasa saja apalagi hanya disibukkan dengan administrasi saja," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi mengaku optimistis Indonesia mampu menjadi negara penghasilan tinggi (high income country) atau negara maju pada 2045, tepat satu abad kemerdekaan Indonesia.

Optimisme itu, lanjutnya, didasarkan capaian Indonesia baru-baru ini, yakni naik kelas dari negara pendapatan menengah (middle income country) menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income country). Status sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas itu diberikan oleh Bank Dunia dan berlaku secara resmi per 1 Juli 2020 lalu.

"Pertanyaannya, apakah kita mempunyai peluang untuk keluar dari middle income trap? Saya jawab tegas kita punya potensi besar. Kita punya peluang besar untuk melewati middle income trap. Kita punya peluang besar untuk menjadi negara penghasilan tinggi," ujarnya.

(ulf/ain)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...