loading...

Rabu, 01 Juli 2020

hormon sitokinin selamatkan kita dari covid 19 | Makassar Info Berita Terbaru


Oleh: Marsda Pur Prayitno Wongsodidjojo Ramelan

Menyikapi bahaya Covid-19 kita harus paham dan cerdas. Risiko batas usia rentan sudah ditinggalkan, Covid bisa menulari usia berapa pun. Memang yang tertular dan bisa sembuh cukup banyak, tapi akan lebih baik bila tidak tertular. Cara-cara mengamankan diri sudah disosialisasikan oleh pemerintah dan dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan, yang belum teratasi adalah masalah disiplin warga.

Bagian terpenting, yang harus diwaspadai adalah orang yang punya penyakit penyerta dan obesitas, bila tertular bisa fatal dan meninggal. Nah, untuk menjaga kesehatan serta imunitas selain berolahraga, asupan makan yang sehat plus vitamin, juga hati harus bahagia. Orang bahagia itu terserah kepada diri masing-masing.

Ternyata kalau orang bisa tertawa lepas, hormon sitokinin akan naik, yang sangat bagus untuk imunitas tubuh untuk melawan covid.

Kita sebaiknya bersikap positif dan selalu optimis. Di zaman edan misalnya, jangan Ikut edan, tapi temukan celah, optimis, berpikir positif di mana kita bisa menemukan kebahagiaan. Kita harus sadar hidup di dunia akan terus di oba dan diuji oleh Yang Maha Kuasa. Virus corona ini juga bagian dari ujian, mampukah kita menyikapinya dengan positif dan optimis. Kita harus memutuskan mau apa, berbuat apa dan bagaimana.

Main Golf Membuat Bahagia

Istri dan beberapa teman bertanya kepada saya, "Kok main golf sih?" Nah, kalau berpikir pesimis kita lebih baik tidak golf, jelas lebih aman di rumah. Tetapi sisi positifnya, golf itu membuat penggemarnya termasuk Pray selain olahraga, berjemur di matahari pagi, menghirup udara segar di ruang terbuka (setelah semalaman di kamar tidur ber-AC), juga menciptakan rasa bahagia, bisa tertawa keras, bergurau dengan sahabat.

Ternyata kalau orang bisa tertawa lepas, hormon sitokinin akan naik, yang sangat bagus untuk imunitas tubuh untuk melawan covid. Persoalannya golfer harus mengerti protokol kesehatan main golf dalam menghadapi covid. Demikian juga olahraga lain, misalnya ada yang olahraga bersepeda meninggal dunia karena memakai masker hingga kekurangan oksigen.

Karena itu seperti disebutkan CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, bahwa setiap tindakan manusia saat ini berisiko tertular covid. Nah, dengan demikian kita harus menyeimbangkan hidup, agar tidak bosan, tidak stres. Kita memahami bagaimana terjadinya penularan dan cara menghindarinya di satu sisi saat melakukan kegiatan. Sementara di lain sisi tujuan dari kegiatan kita yang bernilai positif tercapai.

Itulah alasan saya melakukan olahraga golf tadi pagi di Palm Hill Sentul dengan beberapa teman. Salam olahraga, dan salam bahagia. Pray Old Soldier. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...