loading...

Minggu, 05 Juli 2020

dpr: kementan harus tunjukkan riset kalung anti corona | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta - Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen meminta Kementerian Pertanian (Kementan) memperlihatkan kepada publik hasil riset kalung kayu putih atau kalung eucalyptus.

"Kementan harus tunjukkan basis riset terkait kalung anti corona. Kementerian Pertanian harus berhati-hati dan mendasarkan pada riset yang jelas, sebelum mengeluarkan inovasi untuk publik. Di antara inovasi itu, menurut keterangan pers dari sumber Kementan, yakni roll on, kalung anti virus dan beberapa produk inovasi lain," katanya kepada Tagar, Senin, 6 Juli 2020.

Kementan jangan hanya ingin kelihatan berinovasi, tapi harus jelas basis risetnya

Dia berpandangan, jika hasil riset tidak bisa dibuktikan, maka kalung yang diklaim menjadi antivirus corona atau Covid-19 ini dapat menimbulkan perdebatan di tengah-tengah masyarakat.

"Kementan jangan hanya ingin kelihatan berinovasi, tapi harus jelas basis risetnya. Ini justru menimbulkan pro-kontra dan dikritik beberapa ilmuan atau periset dari kampus-kampus internasional," ujarnya.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Gus Nabil ini mengapresiasi niatan Kementan dalam penanganan Covid-19. Namun, dia berharap hasil riset dapat diperlihatkan.

"Saya mengapresiasi usaha dan inovasi Kementan, tapi sebaiknya harus berbasis riset yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademik. Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, pemerintah dan warga harus saling bekerjasama untuk kebaikan," kata dia.

Dia berpandangan, pemerintah harus terus-menerus menyediakan fasilitas kesehatan, menganalisa perkembangan dan mengeksekusi kebijakan yang tepat bergantung pada kondisi kawasan masing-masing.

"Kita melihat, masih banyak tenaga medis yang berjatuhan wafat karena Covid-19. Ini tentu saja kerugian SDM yang besar sekali bagi bangsa Indonesia. Di sisi lain, warga harus terus patuh pada protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, jaga jarak, jaga kebersihan, dan protokol lainnya," ucap Muchamad Nabil Haroen. []

Baca juga: Pagar Nusa NU: Novel Bamukmin Cari Sensasi

Baca juga: Soal RUU BPIP, PDIP Sanjung Said Aqil Siradj

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...