loading...

Minggu, 05 Juli 2020

dituduh serang situs nuklir iran, israel langsung respons | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Israel membantah bahwa mereka berada di balik serangkaian insiden di fasilitas nuklir Iran. Menteri Pertahanan Benny Gantz mengatakan tidak semua yang terjadi di Iran selalu disebabkan oleh Israel.

"Tidak semua insiden yang terjadi di Iran ada hubungannya dengan kami," kata Gantz, Minggu (5/7) seperti dikutip dari The Jerusalem Post.

Dia mengatakan sistem pertahanan di situs nuklir itu begitu rumit, dan tidak yakin Iran selalu mematuhinya. "Siapa saja bisa curiga terhadap kami," kata Gantz dalam wawancara dengan Army Radio.

Meski demikian, kata dia, Israel akan selalu berusaha untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

Menurut dia, nuklir Iran akan menjadi ancaman bagi dunia dan kawasan, termasuk Israel. "Dan kami akan melakukan segalanya untuk mencegah itu terjadi. Kami akan melakukan segala cara untuk mencegah Iran menyebarkan teror dan senjata, tetapi saya tidak merujuk pada setiap kejadian," ujar dia.

Sebelumnya sebuah sumber yang dikutip surat kabar Kuwait, Al-Jareeda mengungkapkan bahwa Israel bertanggung jawab atas dua ledakan yang terjadi di fasilitas nuklir Natanz dan pangkalan produksi rudal di wilayah Parchin, Iran.

Ledakan ini diduga akibat serangan siber dan jet tempur F-35 milik Israel.

Iran juga telah mengancam akan melancarkan balasan terhadap siapa saja yang melakukan serangan siber pada situs nuklir mereka.

Kantor berita IRNA menyatakan kemungkinan sabotase dilakukan oleh musuh-musuh Iran termasuk rezim Zionis dan Amerika Serikat.

Iran memang mengumumkan rencananya melanjutkan program pengayaan uranium dan pengembangan senjata rudalnya pada Mei 2019, setelah AS menarik diri dari perjanjian nuklir 205 dan kembali menjatuhkan serangkaian sanksi terhadap negara di Timur Tengah itu.

Padahal, selama ini Iran dinilai patuh pada perjanjian nuklir 2015, di mana Teheran menghentikan segala bentuk pengembangan senjata rudal dan nuklirnya dengan imbalan penghapusan sanksi serta bantuan ekonomi dari negara Barat.

(dea)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...