loading...

Kamis, 09 Juli 2020

Cek Fakta : Dilabeli MUI, Jokowi Halal Dilengserkan | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, – Marak kembali beredar foto postingan di media social facebook yang dilabeli MUI, Jokowi Halal Dilengserkan.

Unggahan foto di akun Facebook Radikal Bin Inteloran dan dibagikan ke beberapa grup salah satunya grup Indonesia Bersuara, pada 7 Juni 2020. Foto tersebut mencantumkan kalimat Jokowi Halal Dilengserkan.

Salah satu postingan di facebook yang ditujukan ke Grup Prabowo Sandi Presiden Sesungguhnya, tertulis :

"*Bismillah Ar Rahman Ar Rahim*
Sudah di labeli oleh MUI . Siapa yg tdk patuh terhadap MUI maka HARAM. Tinggal tunggu revolusi berdarah atau mengakui kecurangan secara konstitusional Dan Mempertanggung jawabkan semua kerusakan yg di perbuat bersama Gerombolannya serta Bertobat. Kami di ciptakan hidup baik untuk nanti Mati dengan jln Selamat. 

Cek Fakta: Beredar foto Presiden Jokowi Halal Dilengserkan disertai logo "HALAL" Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah klaim yang salah.

Dari berbagai penelusuran ditemukan bahwa klaim foto tersebut adalah SALAH/FALSE/HOAKS.

Gambar tersebut adalah hasil suntingan atau editan dan termasuk gambar foto lama yang beredar kembali.

Dilansir dari Liputa6.com, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas mengatakan MUI tidak mengeluarkan fatwa halal untuk melengserkan Presiden Jokowi. MUI mengakui pemerintahan yang sah hasil pilkada dan pilpres yang telah diselesaikan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dan persoalannya sudah selesai, jadi tidak ada masalah.

Menurutnya, klaim foto MUI mengeluarkan fatwa halal untuk melengserkan Presiden Jokowi adalah perbuatan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Foto lama yang beredar kembali, pada 26 Desember 2019, di artikel berjudul "[SALAH] Jokowi Halal Dilengserkan", dijelaskan bahwa foto Presiden Jokowi yang diposting tersebut aslinya adalah karya dari Fotografer AFP PHOTO, Mohd Rasfan dan logo MUI yang disematkan adalah logo dari LPPOM MUI.

Dari informasi halalmui.org, perlu diketahui Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari'at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang.

Jadi logo halal tersebut adalah logo yang dicantumkan pada makanan dan minuman.

Kesimpulannya : Berita Foto di atas adalah SALAH / FALSE / HOAKS. Hoaks Lama Beredar Kembali dengan gambar hasil suntingan atau editan dan MUI menyatakan tidak pernah memberikan label HALAL untuk pelengseran Presiden Jokowi.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...