loading...

Sabtu, 04 Juli 2020

cara polisi di padang antisipasi tawuran remaja | Makassar Info Berita Terbaru


Padang - Aktivitas berkumpul masyarakat kembali terlihat di sejumlah titik Kota Padang, Sumatera Barat pasca era transisi new normal atau tatanan kehidupan baru, termasuk sering terjadinya aksi tawuran di setiap Sabtu malam hingga Minggu pagi.

Salah satu cara polisi mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah melalui operasi cipta kondisi (cipkon) yang digelar oleh Kepolisian Resort Kota Padang dan Polsek jajaran.

Kami melakukan razia kendaraan bermotor dengan sasaran seperti sepeda motor.

"Kami berdayakan Bhabinkamtibmas dan informan di lapangan. Jika ada indikator aksi yang memicu balap liar dan tawuran maka kami akan langsung tindak lanjuti," ujar Kepala Kepolisian Sektor Lubuk Begalung, Ajun Komisaris Andi Parningotan Lorena saat ditemui Tagar usai razia, Minggu, 5 Juli 2020.

Selain dengan memberdayakan Bhabinkamtibmas, pihaknya juga melakukan razia lalu lintas. Selain mencegah tindakan kejahatan jalan raya, razia kendaraan juga dilakukan untuk mengantisipasi tindakan pencurian kendaraan bermotor yang masih marak terjadi di Kota Padang

"Kami melakukan razia kendaraan bermotor dengan sasaran seperti sepeda motor. Razia dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan hasil curanmor dan pelaku tawuran yang berkeliaran di jalan raya," kata dia.

Dari hasil razia rutin mingguan tersebut, sedikitnya sekitar 20 unit sepeda motor berhasil diamankan oleh tim gabungan dari Polsek Lubuk Begalung. Namun tidak semua kendaraan ditilang dan diproses hukum oleh polisi.

"Bagi yang tak punya dokumen berkendara kami tilang, namun bagi yang lengkap akan kami minta mereka menjemput pulang. Namun sebelum dijemput, kami catat di surat tanda penerimaan barang," tuturnya.

Andi tidak menampik saat pihaknya melakukan razia ada pengendara sepeda motor yang berupaya mengelak dan melarikan diri. Bahkan ada yang sengaja menggeber kendaraannya ketika berhasil dari kepungan petugas.

"Banyak juga yang melarikan diri ada yang berputar balik, ada juga yang kami kejar karena bisa membahayakan pengendara lainnya," ucapnya. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...