loading...

Minggu, 05 Juli 2020

belum ditutup, ori017 lewati target rp 10 triliun | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta - Penawaran Surat Berharga Negara (SBN) berjenis Obligasi Negara Ritel atau Obligasi Ritel Indonesia seri 017 (ORI017) disebut-sebut telah mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed dari target awal yang telah ditetapkan pemerintah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tagar, hingga Jumat, 3 Juli 2020 terjadi completed order dengan capaian Rp 11,40 triliun. Angka tersebut melejit Rp 1,4 triliun dari proyeksi dana awal yang bakal dihimpun, yakni Rp 10 triliun.

Sebagian besar, investor ORI017 berasal dari kalangan usahawan. Disusul kemudian swasta, dan kalangan ibu rumah tangga. Dari sisi wilayah pemesanan, kebanyakan obligasi negara ini diserap oleh masyarakat yang berasal di kawasan Jawa, dengan mayoritas di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Sebagai informasi, pada 15 Juni 2020 situs berita online ini sempat memperkirakan oversubscribed bakal terjadi pada penawaran ORI017. Adapun, pertimbangan saat itu adalah ketidakpastian yang berlanjut pasca serangan pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat memilih alat lindung nilai yang cukup efektif.

"Masyarakat pasti akan mengurangi konsumsi non-basic dan mengalihkan ke tabungan serta investasi," ujar Head of Investment Avrist Asset Management Farash Akbar Farich kepada Tagar beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui,Obligasi Negara Ritel seri 017 bertenor tiga tahun ditawarkan dengan nilai yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar. Untuk imbal hasil, instrumen pendanaan pemerintah ini memberikan kupon 6,4 persen pertahun dengan skema fixed rate hingga jatuh tempo 15 Juli 2023.

Pembayaran kupon akan dilakukan pada tanggal 15 setiap bulannya dan akan mulai dibayarkan pada 15 Agustus mendatang. Penetapan hasil penjualan akan dipaparkan pada 13 Juli 2020 dan proses setelmen akan dilakukan dua hari berselang atau tepatnya pada 15 Juli 2020.

Masyarakat yang berminat dapat mengoleksi ORI017 melalui 26 mitra distribusi antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank BCA,Bank CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Maybank Indonesia. Kemudian, Bank Panin, Bank OCBC NISP. Bank HSBC, Bank DBS Indonesia, Bank UOB Indonesia, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, Bank Victoria International.

Selain institusi perbankan, ORI017 dapat juga diperoleh lewat PT Trimegah Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, Bareksa, Tanamduit, Invisee, Investree, dan Modalku.

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...