loading...

Kamis, 02 Juli 2020

as sita 13 ton produk kecantikan china dari rambut manusia | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Departemen pabean Amerika Serikat menyita sekitar 13 ton produk kecantikan asal China yang terbuat dari rambut manusia. Produk itu diyakini dibuat oleh para pekerja yang berasal dari etnis minoritas Muslim Uighur di Xinjiang, China.

Belasan ton produk buatan Lop County Meixin Hair Product Co. itu bernilai US$800 ribu. Departemen Bea Cukai dan Perbatasan AS memerintahkan penyitaan produk-produk itu pada 17 Juni lalu karena perusahaan diduga menggunakan tenaga kerja napi di penjara dan tenaga kerja paksa, termasuk buruh anak-anak.

"Produksi barang-barang ini merupakan pelanggaran hak asasi manusia sangat serius," ucap Asisten Komisaris Eksekutif Perdagangan Departemen Bea Cukai dan Perbatasan AS, Brenda Smith.

Smith menuturkan perintah penyitaan barang ditujukan untuk mengirim pesan jelas dan langsung ke seluruh entitas yang ingin melakukan bisnis dengan AS bahwa praktik ilegal dan tidak manusiawi tidak akan ditoleransi oleh Negeri Paman Sam.

Dikutip AFP, Lop County Meixin adalah pengekspor ketiga produk kecantikan berbasis di Xinjiang yang telah AS masukkan ke daftar hitam akibat penggunaan tenaga kerja paksa.

Belakangan AS memang sangat berhati-hati mengimpor barang, terutama barang dari China karena khawatir produksi produk-produk itu melibatkan pekerja paksa di Xinjiang dan tempat lainnya di Negeri Tirai Bambu.

AS juga memperingatkan perusahaan-perusahaannya untuk tidak memasok peralatan kepada entitas hingga pihak berwenang di China, terutama di Xinjiang, lantaran khawatir alat-alat itu digunakan untuk mendukung kamp-kamp penahanan massal etnis Uighur dan minoritas Muslim lainnya.

"Pemerintah China terus melakukan kampanye penindasan di Xinjiang dengan menargetkan warga Uighur, etnis Kazakh, etnis Kirgiz, dan anggota kelompok minoritas Muslim Lainnya," ujar Kementerian Luar Negeri AS.

(AFP/evn)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...