loading...

Selasa, 07 Juli 2020

5 tempat usang dan terbengkalai diubah menjadi wisata | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta - Tak sedikit tempat usang dan terbengkalai di dunia yang didiamkan begitu saja, justru dijadikan sebagai destinasi wisata menarik. Sebab, beberapa tempat tersebut mampu membangkitkan rasa penasaran wisatawan untuk menyambanginya.

Ada beragam tempat terbengkalai yang seringkali dikunjungi wisatawan, mulai dari pulau berhantu sampai ke bangunan-bangunan yang memiliki sejarahnya masing-masing. Sehingga, wisatawan yang berkunjung akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan tidak terlupakan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah tempat terbengkalai di dunia yang dijadikan destinasi wisata.

1. Eastern State Penitentiary

Eastern State PenitentiaryEastern State Penitentiary. (Foto: Instagram/easternstate)

Eastern State Penitentiary dulunya merupakan penjara terkenal dan mahal yang ada di dunia. Namun, kini bangunan tersebut berdiri dengan kondisi yang hancur dengan sayap rusak dan menara penjaganya juga telah ditinggalkan.

Meski terlihat menyeramkan, saat ini penjara tersebut menyediakan tur bagi wisatawan dan dibuka setiap hari pukul 10.00-17.00 dengan tiket yang dijual secara online. Mulai pertengahan bulan September hingga Halloween tiba, biasanya penjara berubah menjadi rumah hantu yang menakutkan dan menyenangkan.

Di sana para pengunjung bisa melihat blok-blok sel, sel hukuman soliter, sel yang pernah ditempati Al Capone, gangster Amerika, hingga death row. Wisatawan yang menyambanginya tentu akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Pulau Hashima

Pulau HashimaPulau Hashima. (Foto: Instagram/passportpodcast/xeonkai)

Berlokasi di dekat Prefektur Nagasaki, Jepang, Pulau Hashima atau yang dikenal dengan Gunkanjima merupakan pulau yang berbentuk kapal perang. Dulunya, pulau ini ditempati oleh puluhan ribu penduduk yang mayoritas pria dan berprofesi sebagai pekerja tambang.

Kabarnya, para pekerja di sana dipaksa bekerja dengan kondisi yang berlebihan sehingga mengakibatkan tewasnya banyak pekerja. Sehingga, pulau tersebut dikabarkan menjadi angker dan dijuluki sebagai pulau hantu.

Meski terkenal menyeramkan, masih terdapat wisatawan yang tetap berkunjung ke pulau ini hanya untuk menguji nyalinya. Pulau ini juga pernah diangkat ke layar lebar dengan judul The Battleship Island yang dibintangi aktor ternama asal Korea Selatan Song Joong Ki.

3. The Fishing Village of Houtouwan

HoutouwanThe Fishing Village of Houtouwan. (Foto: Instagram/clemencero)

Terletak sekitar 40 mil dari Shanghai, Houtouwan pernah menjadi desa nelayan yang berkembang. Bahkan, masyarakat setempat juga pernah membangun rumah-rumah yang menakjubkan di atas lereng gunung menghadap ke teluk.

Kini wilayah tersebut sudah ditinggalkan oleh 3.000 penduduknya. Namun, justru desa itu menjadi tempat populer dan menarik bagi fotografer dan wisatawan yang berkunjung karena mereka bisa melihat tanaman dan tumbuh-tumbuhan hijau nan subur di wilayah tersebut. 

4. Pripyat

PripyatPripyat. (Foto: Instagram/pripyat.chernobyl)

Kota Pripyat menjadi kota terdekat dari Chernobyl dan tempat tinggal bagi banyak pekerja pembangkit listrik. Namun akibat bencana nuklir yang terjadi di Chernobyl pada 1986, sekitar kurang lebih 50.000 penduduk dievakuasi sehari setelah ledakan dan tidak pernah kembali ke rumah mereka.

Meski seperti kota hantu, tempat ini berubah menjadi destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Nantinya, tur akan berhenti di banyak tempat menarik di dalam zona pengecualian.

Destinasi wisata ini dibuka untuk umum, namun ada sejumlah aturan yang wajib diikuti jika ingin datang ke sana. Salah satunya, para pengunjung harus memakai pakaian hingga kaos kaki panjang dengan alas kaki yang tertutup.

5. Floating Forest, Australia

Floating Forest, AustraliaFloating Forest, Australia. (Foto: Instagram/kellybehunstudio/mymodernmet)

Menariknya lokasi ini karena ada sebuah kapal tua tak bertuan yang berada di Australia dan objek ini cukup membangkitkan rasa penasaran para wisatawan. Bangkai kapal yang berada di Homebush Bay, Wangal Centenary Bushland Reserve ini merupakan sebuah area bongkar muat bagi kapal-kapal perang Australia.

Bangkai kapal tersebut dikenal sebagai kapal SS Ayrfield yang dibuat di Britania Raya pada 1911. Kapal ini digunakan sebagai transportasi dalam Perang Dunia II. Pada 1972, kapal tersebut berhenti beroperasi dan dibawa ke Homebush Bay untuk dibongkar. Tetapi sebelum berhasil dibongkar, galangan kapal ditutup.

Akibatnya, kapal tersebut mengambang tepat di Sydney Harbour dan dipenuhi pohon bakau, bahkan disebut sebagai hutan apung oleh penduduk setempat. Kini, tempat tersebut kerap kali dikunjungi para wisatawan karena suasana di sana sangat berbeda dengan yang ada di tempat lainnya. []

Baca juga:

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...