loading...

Sabtu, 20 Juni 2020

zona hijau covid 19 di hari jadi kota madiun ke 102 | Makassar Info Berita Terbaru


Malang - Tanggal 20 Juni menjadi bersejarah bagi Kota Madiun, Jawa Timur. Tepat di hari ulang tahun (HUT) ke-102, Kota Madiun dinyatakan zona hijau oleh Gugus Tugas Perecepatan Penangan Covid-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan Kota Madiun sudah masuk zona hijau menjadi kabar baik bagi warga Kota Madiun serta Provinsi Jawa Timur. Saat ini, hanya Kota Madiun dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur mendapatkan predikat zona hijau.

Selama tiga bulan, kasus Covid-19 di Kota Madiun hanya tujung orang.

"Kita bersyukur, kini ada zona hijau di Jawa Timur. Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jawa Timur yang zona hijau," ujarnya saat rapat koordinasi evaluasi transisi new normal bersam tiga Pemerintah Daerah (Pemda) Malang Raya di kantor Badan Koordinasi Wilayah Jatim III Malang, Sabtu, 20 Juni 2020.

Khofifah berharap Kota Madiun bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Mantan Menteri Sosial (Mensos) ini mengatakan berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19, tingkat kasus kematian akibat Covid-19 pada angka nol.

"Selama tiga bulan, kasus Covid-19 di Kota Madiun hanya tujung orang. Meski pernah lakukan rapid test secara masif, tetapi jumlah pasien Covid-19 di Madiun sangat rendah. Jika dirata-rata kasus Covid-19 di Kota Madiun hanya ada satu orang dalam dua minggu," ucapnya.

Selain itu, kata Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama ini, Kota Madiun juga mencatatkan hal bagus yakni tracing ratio untuk satu pasien terinfeksi Covid-19, rata-rata ditemukan 30 orang dan langsung dilakukan isolasi.

Meski sudah mendapatkan predikat zona hijau Covid-19, Khofifah tetap mengingatkan kepada pemerintah dan warga untuk tidak lengah serta melaksanakan protokol kesehatan.

"Jangan kemudian lengah yang bisa membuat disiplin akan protokol kesehatan menurun. Protokol kesehatan harus terus dilakukan sampai obat dan vaksinya ditemukan.

Selain zona hijau, Khofifah juga menyebutkan jumlah daerah masuk zona merah terus berkurang. Berdasarkan data yang tercantum dalam Bersatu Lawan Covid, terdapat tujuh daerah yang masih zona merah.

"Sebelumnya ada 12 masuk zona merah, sekaran tersisa tujuh. Tujung daerah itu Kabupaten Jombang, Sidoarjo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Surabaya.

Sementarta untuk zona oranye ada 15 daerah yakni Kabupaten Sampang, Pamekasan, Malang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Nganjuk. Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Lamongan.

Berikutnya untuk zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan Covid-19 di Jatim ada 15 daerah meliputi Kabupaten Madiun, Bondowoso, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, dan Probolinggo.

Selanjutnya Kabupaten Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Lumajang. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...