loading...

Jumat, 26 Juni 2020

tanah longsor, jalan poros palopo toraja putus total | Makassar Info Berita Terbaru


Palopo - Bencana alam tanah longsor terjadi di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat 26 Juni 2020. Akses jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Palopo dan Kabupaten Tana Toraja (Toraja) amblas dan putus.

Peristiwa amblasnya jalan nasional ini akibat Kota Palopo dua hari belakangan terus diguyur hujan deras. Aparat kepolisian dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Palopo telah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Jalan amblas di jalan poros Palopo dan Toraja. Di lokasi sebelumnya sudah longsor sebagian, ditambah lagi kota Palopo dalam dua hari ini diguyur hujan deras.

Kapolres Palopo, AKBP Alfian Nurnas mengatakan, peristiwa bencana alam tanah longsor yang menyebabkan amblasnya jalan trans sulawesi ini terjadi sekitar pukul 16.46 WITA. Tanah longsor ini diduga akibat hujan deras yang terus mengguyur Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

"Jalan amblas di jalan poros Palopo dan Toraja. Di lokasi sebelumnya sudah longsor sebagian, ditambah lagi kota Palopo dalam dua hari ini diguyur hujan deras," kata Alfian kepada Tagar saat dihubungi via telepon, Jumat 26 Juni 2020.

Alfian menerangkan, untuk saat ini akses jalan poros sulawesi ini sudah tidak bisa dilalui oleh kendaraan, baik dari Palopo ke Toraja, maupun sebaliknya, Toraja ke Palopo. Namun, untuk menuju Toraja, kendaraan bisa melalui atau dari Kabupaten Sidrap. Tapi, akses jalan ini terbilang jauh.

"Sementara jalan kita tutup dari Palopo ke Toraja. Tapi kita alihkan lewat Sidrap ke Toraja," ucapnya.

Menurut Alfian, untuk saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi adanya korban jiwa. Namun, dalam peristiwa itu dikabarkan ada sejumlah rumah warga dekat lokasi kejadian terbawa longsor hingga ke jurang.

Untuk saat ini informasi terkait adanya korban belum ada. Dan kita berdoa agar memang tak ada korban. Ada rumah yang terbawa longsor, tapi kami saat ini sementara identifikasi," kata Alfian.

Petugas kepolisian dan TRC BPBD Palopo kini telah diterjunkan ke lokasi kejadian. Akan tetapi sudah malam hari dan pencahayaan yang minim, sehingga proses evakuasi atau turun ke daerah longsor tersebut ditunda. Petugas akan melakukan evakuasi besok pagi.

Dalam peristiwa ini, masyarakat sekitar sempat mengabadikan moment atau detik-detik jalan poros trans Sulawesi di Palopo, Sulsel, amblas akibat longsor dengan kamera hanphone. Dan video inipun kini viral di media sosial, Jumat, 26 Juni 2020.

Dilihat dari video yang beredar, tampak jalan nasional tersebut amblas, mengakibatkan sejumlah bangunan di sekitarnya ikut terbawa longsor. Masyarakat sekitar juga terdengar histeris ketakutan dengan peristiwa tersebut. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...