loading...

Minggu, 21 Juni 2020

Pilwali 2020 Tanpa Figur Perempuan, Fatmawati Rusdi Tunggu Perintah NasDem | Makassar Info Berita Terbaru


Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Bendahara DPP NasDem, Fatmawati Rusdi memanaskan pertarungan Pilwali Makassar 2020. Istri Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse itu bisa jadi satu-satunya figur perempuan dalam perebutan kursi 01.

Sejauh ini, belum ada figur perempuan yang santer diwacanakan maju bertarung di Makassar, baik di posisi kandidat wali kota maupun wakil wali kota.

Fatmawati dikenal punya kompetensi dan pengalaman memadai untuk duduk di pemerintahan. Ia pernah menjadi anggota DPR RI, dan punya jaringan yang tergolong luas hingga level nasional.

Baca juga: Fatmawati Rusdi Nyatakan Siap Jika NasDem Tugaskan Maju di Makassar

"Lebih bagus lagi kalau ada figur perempuan maju di Makassar. Kan beberapa perhelatan sebelumnya, selalu ada figur perempuan maju di Makassar," kata salah aktivis mahasiswa, Nurul Astuti, Minggu (21/6/2020).

Figur perempuan tak boleh dipandang sebelah mata di setiap kontestasi politik. Sudah semestinya selalu diberikan ruang menjadi pemimpin.

"Banyak figur perempuan yang terpilih menjadi pemimpin, itu punya sentuhan dan kepemimpinan yang tergolong bagus. Misal Wali Kota Surabaya Ibu Risma, itu banyak perubahan selama memimpin kota itu," ujarnya.

Karena itu, Nurul yang aktif dibeberapa komunitas, sangat sepakat bila Fatmawati Rusdi maju di Makassar, apakah kandidat wali kota atau wakil.

Fatmawati sendiri sudah merespons wacana ini. Ia sisa menunggu restu dari NasDem, partai yang membesarkan namanya.

"Kalau penugasan partai, sebagai kader saya tidak mungkin menolak. Saya petarung, dan selalu siap," kata mantan Anggota DPR RI saat dikonfirmasi, Jumat (19/6/2020).

Titi sapaan karib Fatmawati masih akan melihat dinamika jelang tahapan pendaftaran sebelum memutuskan apakah akan maju atau tidak. Apalagi sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari partainya.

Untuk diketahui, sejak Pilkada langsung digelar di Kota Makassar, figur perempuan selalu tampil menjadi kontestan. Seperti di Pilwali 2010, 2015, dan 2018.

Khusus di 2018, ada dua nama yang menjadi kontestan. Masing-masing, Indira Mulyasari yang sempat berpasangan dengan Danny Pomanto sebelum didiskualifikasi.

Sedangkan, Rachmatika Dewi, maju mendampingi Munafri Arifuddin. Hanya saja, duet Appi-Cicu tidak terpilih, karena persentase suaranya lebih rendah dibanding kolom kosong.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM


Sumber : SULSELSATU.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...