loading...

Kamis, 25 Juni 2020

pesawat tempur as cegat 2 jet rusia terobos zona udara alaska | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Pesawat tempur F-22 milik Amerika Serikat mencegat dua pesawat patroli IL-38 Angkatan Laut Rusia yang memasuki zona identifikasi pertahanan udara Alaska pada Rabu (24/6) malam.

"Pesawat F-22 didukung oleh KC-135 Stratotanker mencegat dua pesawat patroli maritim Rusia IL-38 memasuki zona pertahanan udara Alaska sekitar tengah malam pada 24 Juni," ujar Komando Pertahanan Udara AS (NORAD) melalui pernyataan pada Kamis (25/6).

NORAD menuturkan dua pesawat Rusia itu berjarak 80,5 kilometer dari Pulau Unimak di sepanjang rantai pulau Aleutian.

Komando tersebut menegaskan bahwa pesawat-pesawat Rusia itu tetap berada di wilayah internasional dan tidak pernah memasuki wilayah udara AS atau Kanada.

Dilansir CNN, pencegatan ini berlangsung setelah insiden serupa terjadi di awal Juni ini. Saat itu, F-22 milik AS mencegat pesawat pengebom berkemampuan nuklir Rusia yang mencoba terbang mendekati wilayah udara Alaska pada dua kesempatan terpisah.

Pada Maret lalu, jet tempur AS dan Kanada juga mencegat dua pesawat pengintai Rusia saat mereka terbang di lepas pantai Alaska.

Insiden penyadapan juga pernah terjadi melibatkan sebuah pesawat militer Rusia di lepas pantai Alaska pada 2019 lalu.

(CNN/evn)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...