loading...

Kamis, 25 Juni 2020

Pengamat Nilai Pergantian Pj Wali Kota Ibarat Permainan Sepak Bola | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Makassar – Pengamat Pemerintahan, Andi Luhur Prianto menilai pergantian Pj Wali Kota Makassar ibarat permainan sepak bola.

Kota Makassar, kata dia, sudah pernah ganti striker. Biasanya striker pengganti itu dianggap lebih bagus menjalankan instruksi pelatih.

"Kecuali memang pelatihnya yang tidak punya instruksi dan strategi permainan yg jelas," kata Luhur, Kamis, 25 Juni 2020.

Akibatnya, kata Luhur, justru bikin bingung penonton. Pasalnya, striker sementara bertarung melawan wabah kenapa tiba-tiba diganti.

Menurutnya, dalam institusi pemerintahan, penempatan pimpinan tidak hanya berdasarkan pemenuhan syarat administratif dan kedekatan personal.

Namun, juga butuh persediaan sumberdaya yang melimpah. Ia menilai sangat berlebihan mempromosikan pejabat-pejabat yang baru bermigrasi pada formasi jabatan yang tekanan politiknya sangat kuat.

"Pejabat seperti itu sulit membangun akseptabilitas warna-warna politik, sehingga misalnya sulit membedakan pengaruh warna merah dan biru," ungkapnya.

Jabatan Penjabat Wali Kota Makassar ini langgam politik, pejabat administratif pun akan terseret pusaran arus politik elektoral. Apalagi, kata dia, tahapan Pilwali sudah di mulai kembali.

"Pergantian-pergantian seperti ini hanya memperlihatkan kualitas kepemimpinan Gubernur Sulsel dalam mengawal transisi pemerintahan di Kota Makassar," terangnya.

Luhur menyebut warga Makassar disuguhi arahan kepemipinan tanpa arah (direction) dan penuh ketidakpastian.

"Semua dibangun berbasis interest politik elektoral. Penjabat wali kota yang datang dan pergi memang bukan pilihan warga kota," ujarnya.

"Sejatinya, kota ini butuh pemimpin yang mampu menggerakkan solidaritas sosial lintas-batas, membangun kolaborasi dan punya strategi jitu melawan pandemi," pungkasnya.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...