loading...

Rabu, 24 Juni 2020

massa pedemo ruu hip salat berjemaah di tengah guyuran hujan | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Massa aksi demonstrasi menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di depan Kompleks MPR/DPR, Jakarta menggelar salat Ashar berjemaah meski hujan turun dengan deras. Guyuran hujan tak membuat mereka membubarkan diri dari barisan saf.

Salat dibagi dalam dua gelombang lantaran area tak memenuhi. Mereka memanfaatkan air mineral seadanya untuk wudhu sebelum salat.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, sebagian besar massa tetap bertahan meski hujan telah mengguyur di tengah jalannya aksi.

Usai salat, mereka lalu menggelar doa bersama agar RUU HIP segera dibatalkan. Salah satu orator mengatakan hujan merupakan tanda sebuah doa akan dikabulkan.

"Bubarkan semua partai yang mendukung RUU HIP," ujarnya di tengah guyuran hujan usai melaksanakan salat di lokasi, Rabu (24/6).

Hujan mulai sekitar kompleks Gedung DPR/MPR sekitar pukul 15.30 atau bersamaan dengan adzan Ashar berkumandang. Salah seorang massa aksi dari mobil komando terus meneriakkan yel-yel dan jargon agar massa tetap bertahan meski hujan turun.

Mereka juga mengancam akan tetap bertahan jika DPR tak menerima perwakilan massa untuk berdialog di dalam gedung parlemen.

Aksi menolak RUU HIP dihadiri ratusan massa aksi dari berbagai yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (Anak NKRI).

Sejumlah ormas yang tercatat masuk dalam aliansi tersebut antara lain, Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Dalam aksinya, mereka menolak konsep Pancasila yang bisa diperas menjadi Trisila dan Ekasila dalam RUU HIP. Demonstran juga meminta TAP MPRS No. XXV tentang pelarangan komunisme dimasukan jadi peraturan konsideran di RUU HIP.

RUU HIP sendiri merupakan RUU usulan DPR. Sebanyak 7 fraksi partai politik mendukung penuh untuk dibahas lebih lanjut. PKS mendukung dengan catatan, sementara Demokrat menarik diri dari pembahasan.

Mengenai konsep Pancasila yang bisa diperas menjadi Trisila dan Ekasila, fraksi PDIP setuju jika dihapus dari RUU HIP. Fraksi-fraksi lainnya pun menghendaki demikian.

(thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...