loading...

Selasa, 23 Juni 2020

korut kembali pasang pengeras suara propaganda di perbatasan | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Korea Utara dilaporkan memasang 20 pengeras suara baru di sepanjang perbatasan dengan Korea Selatan, untuk memutar pidato dan lagu-lagu propaganda.

Hal itu adalah dampak dari ketegangan yang terjadi di antara kedua negara dalam beberapa waktu belakangan.


Seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, Selasa (23/6), 20 pengeras suara itu diletakkan di beberapa titik di sepanjang Zona Demiliterisasi (DMZ) di perbatasan Korut dan Korsel. Padahal, sebagian dari pengeras suara itu sebelumnya dilepas setelah kedua negara meneken perjanjian intra-Korea dua tahun lalu.

Di sepanjang kawasan DMZ, Korut masih menyiagakan 40 pengerah suara untuk keperluan propaganda. Mereka dilaporkan juga akan mengirim jutaan selebaran anti-Korsel sebagai aksi balasan.

Dalam perjanjian yang diteken pada 27 April 2018, Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un, menyepakati supaya kedua belah pihak menghentikan aksi yang memprovokasi, termasuk propaganda melalui pengeras suara dan penyebaran selebaran.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Choi Hyun-soo, menyatakan mereka tetap memantau gerak-gerik pasukan Korut di perbatasan. Dia mengatakan akan membalas perbuatan Korut jika dinilai membahayakan.


"Kami akan mengambil tindakan yang diperlukan tergantung situasi," kata Choi.

Di sisi lain, Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang bertugas di Korsel dilaporkan kembali menerbangkan sejumlah pesawat intai. Yakni Boeing RC-135W Rivet Joint dan Beechcraft RC-12x Guardrail.

Situasi di perbatasan Korut dan Korsel memanas gara-gara selebaran yang dikirim oleh aktivis di Korea Selatan.

Aktivis konservatif dan sejumlah pembelot Korut mengirim selebaran bernada provokatif, disertai uang kertas Dollar AS dan rekaman K-Pop menggunakan balon ke arah Korut.

[Gambas:Video CNN]

Korut marah dengan aksi tersebut dan memutus seluruh jalur komunikasi dengan Korsel. Mereka juga meledakkan gedung kantor penghubung antarKorea di kawasan industri Kaesong.

(Yonhap News Agency/ayp)

Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...