loading...

Minggu, 21 Juni 2020

Keuntungan Menggiurkan, Muslimin Bando Kunjungi Kebun Porang Syahar di Sidrap | Makassar Info Berita Terbaru


Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, SIDRAP – Bupati dan Wabup Enrekang Muslimin Bando-Asman, mengunjungi perkebunan porang milik Wakil Ketua DPRD Sulsel Syahruddin Alrif di Desa Tellumae, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, Sabtu (20/6/2020).

Kunjungan Muslimin Bando-Asman dalam rangka studi banding terkait pengelolaan budidaya tanaman porang.

"Kita ingin serius mempelajari dan melihat langsung bagaimana pengelolaan budidaya tanaman porang milik Syahar," ujar Muslimin.

Dalam kunjungan tersebut, Muslimin banyak belajar tentang teknik budidaya tanaman porang, dimulai dari kegiatan pembuatan bibit yang berasal dari biji, bintil maupun dari umbi, cara pemeliharaan, pemanenan hingga pemasarannya.

Syahar menyarankan untuk mengembangkan budidaya tanaman umbi porang (sejenis umbi hutan yang dapat dijadikan bahan makanan dan kosmetik) di Enrekang. Menurutnya, kalkulasi ekonomi tanaman tersebut sebesar Rp990 juta per hektare.

Syahar mengaku ingin menginisiasi komoditi porang di Sulsel. Upaya ini dilakukan untuk merubah paradigma petani.

"Petani kita harus berpikir, menanam tanaman pangan yang mudah dan memiliki nilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Enrekang Asman mengatakan, kegiatan studi banding ini sangat positif, ke depan dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Enrekang.

"Budidaya tanaman porang selain menguntungkan, juga membuat masyarakat dapat menjaga tegakan pohon, karena porang tidak membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak," ujarnya.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM


Sumber : SULSELSATU.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...