loading...

Sabtu, 20 Juni 2020

Kepala Kemenkumham Sulsel ingin ada kajian pembangunan Lapas Terbuka Malino | Makassar Info Berita Terbaru


Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto meminta kepada bawahannya agar dibuatkan kajian akademik untuk pengembangan dan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka di Malino, Kabupaten Gowa, Sulsel.

"Letak Rutan Kelas IIB Malino ini ada di dataran tinggi Kawasan Puncak Malino. Areal lahannya sangat luas dan sangat potensial pengembangan komoditas untuk ketahanan pangan," ujar Harun Sulianto saat berkunjung ke Rutan Kelas IIB Malino, Gowa, Sabtu.

Ia mengatakan berdasarkan data-data yang disodorkan oleh pihak Rutan Kelas IIB Malino, luas lahan yang dikuasainya itu sekitar 6,7 hektare.

Lokasinya yang berada di Desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa itu punya lahan yang subur dan didukung dengan iklimnya untuk mengembangkan beberapa komoditas serta sayur mayurnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada bawahannya di Kemenkumham Sulsel itu untuk membuat kajian agar bisa diusulkan ke pusat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto saat berkunjung ke Rutan Kelas IIB Malino, Gowa, Sabtu (20/6). (ANTARA/HO/Kanwil Kemenkumham Sulsel)

Konsep yang ditawarkannya sendiri yakni Lapas Terbuka, apalagi di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri konsep Lapas tersebut belum ada, sehingga dirinya akan mengusulkan Rutan Kelas IIB Malino tersebut.

"Karena tanahnya subur, kita akan buat kajian untuk diusulkan pembangunan Lapas Terbuka mengingat Lapas ini belum ada di Sulsel," kata Harun.

Mantan Kepala Kemenkumham Sulbar ini mengatakan bahwa lahan seluas 6,7 hektare tersebut sangat potensial ditanami sayuran seperti wortel, kentang, bawang, tomat dan lainnya.

Usai peninjauan lahan, ia pun tatap muka dengan petugas Rutan. Harun berpesan agar tetap menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19, baik kepada petugas maupun warga binaan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto (kanan) meninjau lokasi yang akan dibangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka di Malino, Kabupaten Gowa, Sulsel, Sabtu (20/6). (ANTARA/HO/Kanwil Kemenkumham Sulsel)


Sumber : Makassar.AntaraNews.Com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...