loading...

Sabtu, 20 Juni 2020

kegiatan jokowi di hari ulang tahun selama jadi presiden | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta - Presiden Joko Widodo genap berusia 59 tahun pada Minggu, 21 Juni 2020. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Sebelum pandemi Covid-19, pada tahun-tahun sebelumnya, tiap bertemu ulang tahun, biasanya Jokowi bekerja seperti biasa, sesuai slogan yang ia sering dengungkan, kerja kerja kerja. Tidak ada acara khusus untuk merayakan hari lahir. Ia tetap blusukan, mengecek pekerjaan-pekerjaan di lapangan, di berbagai penjuru Tanah Air. 

Berikut kilas balik kegiatan Jokowi pada hari ulang tahun saat menjadi Presiden Indonesia.

Tahun Keenam Jadi Presiden, Jumat, 21 Juni 2019

Jumat, 21 Juni 2019, Presiden Jokowi genap berusia 58 tahun. Ia mendapat banyak ucapan selamat dan doa dari para netizen di media sosial. Di antaranya ucapan selamat datang dari komposer Addie MS.

"Selamat berulang tahun, Pak @jokowi," cuit Addie di akun Twitter @addiems.

Seorang netizen dengan akun @KhamidahRusydi menulis, "Barakallah Bapak, selalu sehat, selalu bahagia, tetaplah sedekat nadi dengan rakyat." 

Begitu banyak ucapan selamat membuat tagar #HBDJokowi menjadi trending teratas di lini masa Twitter pada saat itu.

Berdasarkan keterangan biro pers Istana Kepresidenan, agenda Kepala Negara pada hari itu bersifat internal, tidak untuk diliput. 

Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun. Jadi jangan ada yang mengulangtahuni.

JokowiPresiden Jokowi di ruang kerjanya di Istana Bogor. (Foto: Instagram/@jokowi)

Tahun Kelima Jadi Presiden, Kamis, 21 Juni 2018

Jokowi bekerja seperti biasa pada hari ulang tahun ke-57, Kamis, 21 Juni 2018. Pagi hari ia meninjau proyek Runway dan Taxi Way di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Meski Jokowi menegaskan dirinya tidak pernah merayakan ulang tahun, ia tetap mendapatkan kejutan dan ucapan selamat ulang tahun. Tiga kejutan ucapan selamat ulang tahun didapat Presiden di sela menjalankan tugas kenegaraan. 

Kejutan pertama, usai meninjau runway di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, para pekerja yang berada di lokasi menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Dalam kesempatan itu, Presiden pun tersenyum dan bersalaman dengan para pekerja. 

Kejutan kedua, ketika akan meninggalkan Masjid Nurul Barkah di Bandara Soekarno Hatta, banyak warga menantinya dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Lagi-lagi Presiden tersenyum, bersalaman, dan melakukan swafoto dengan warga. 

Saya selalu mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada saya.

Kejutan ketiga, seorang wartawan istana, Putri Lukman, membawakan kue ulang tahun. Jokowi sedang berada di rumah makan di kawasan bandara. "Ini dari teman-teman wartawan. Boleh ditiup dong, Pak," ucap Putri. 

Melihat kejutan tersebut, Presiden bukannya meniup, namun tersenyum dan mengipasi api di atas lilin dengan menggunakan tangan, sambil mengatakan, "Saya itu tidak pernah merayakan ulang tahun. Jadi jangan ada yang mengulangtahuni," ujar Jokowi kala itu. 

Pada momen ulang tahun tersebut, Presiden Jokowi berharap bangsa Indonesia ke depan semakin maju. Presiden juga mengevaluasi capaian-capaian pemerintah selama lima tahun terakhir. "Kita ini harus mulai merenung apa yang harus kita kerjakan untuk bangsa ini lima tahun ke depan. Yang sudah dikerjakan lima tahun lalu dikoreksi, dievaluasi, kemudian ke depannya kita perbaiki."

JokowiJokowi di ruang kerja di Istana Bogor. (Foto: Instagram/@jokowi)

Tahun Keempat Jadi Presiden, Rabu, 21 Juni 2017

Hari Rabu, 21 Juni 2017, Jokowi berulang tahun ke-56. Berdasarkan agenda yang diterima dari pihak Biro Pers Istana, agenda Jokowi pada hari ulang tahun tersebut adalah melakukan kunjungan kerja. Lokasi kunjungan kerja dipusatkan di wilayah Kabupaten Bogor.

Ia meninjau perkembangan pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi, yang saat itu sudah selesai 15 kilometer dari target 56 kilometer secara keseluruhan. Setelah itu, ia bertandang ke kawasan industri penggemukan sapi di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berikutnya ia meninjau perkembangan proyek tol, yaitu Tol Depok-Antasari, berlanjut ke Bekasi untuk melihat perkembangan proyek jalan layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

Pada malam hari di Istana Negara, Jokowi mengikuti perayaan peringatan Nuzulul Quran 1437 H/ 2016 Masehi.

Saat dimintai komentar soal ulang tahun, Jokowi hanya tersenyum dan memilih tidak menjawab.

"Presiden tidak ingin ada acara khusus untuk merayakan ulang tahunnya ke-56. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti biasa saja," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan Bogor, kala itu. 

Pramono mengatakan Presiden Jokowi tidak pernah memperingati ulang tahunnya dengan perayaan. Presiden justru memilih blusukan ke Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi. "Ada empat titik yang akan dikunjungi hari ini antara lain Bogor, Ciawi, Sukabumi."

Usai blusukan, kata Pramono, Presiden dan rombongan kembali ke Istana Bogor, buka puasa di Istana Bogor.

JokowiPresiden Jokowi di ruang kerja di Istana Bogor. (Foto: Instagram/@jokowi)

Tahun Ketiga Jadi Presiden, Selasa, 21 Juni 2016

Jokowi genap berusia 55 tahun pada Selasa, 21 Juni 2016. Ia merayakan hari ulang tahunnya dengan bekerja seperti biasa, mengunjungi proyek-proyek dari pagi hingga malam.

JokowiPresiden Jokowi mengecek persiapan new normal di Masjid Istiqlal pada masa pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@jokowi)

Tahun Kedua Jadi Presiden, Minggu, 21 Juni 2015

Jokowi genap berusia 54 tahun pada Minggu, 21 Juni 2015. Ia sejak sehari sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Tepat pada hari ulang tahun, ia meluncurkan akun twitter resmi @jokowi.

Ia kemudian membuat cuitan pertama. "Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. –Jkw."

JokowiPresiden Jokowi salat dengan memakai masker pada masa pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@jokowi)

Tahun Pertama Jadi Presiden

Jokowi genap berusia 53 tahun pada Sabtu, 21 Juni 2014. Pada masa ini Jokowi masih berstatus calon presiden, berpasangan dengan calon wakil presiden Jusuf Kalla, sedang sibuk berkampanye dalam Pilpres 2014.

"Saya tidak pernah punya tradisi merayakan ulang tahun," kata Jokowi di Solo, Jumat, 20 Juni 2014.

Ia mengatakan rasa syukur tidak diungkapkan saat berulang tahun saja. "Saya selalu mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada saya," ucapnya.

JokowiPresiden Jokowi bersama Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Instagram/@jokowi)

Dari Wali Kota Solo, Gubernur Jakarta, Presiden Indonesia

Jokowi adalah putra pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi dari kalangan rakyat jelata. Ia tumbuh dan berkembang di Solo, mengenyam pendidikan dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya ini.

Lulus SMA Negeri 6 Solo, anak sulung, kakak dari tiga adik perempuan ini melanjutkan pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Lulus dari UGM, Jokowi bekerja di sebuah perusahaan negara, tapi kemudian memilih keluar untuk menjadi pengusaha mebel. Ia merintis usaha dari nol sampai kemudian bisa mengekspor mebel ke berbagai negara.

Karier politiknya berawal dari Wali Kota Solo. Ia diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa dalam Pemilihan Kepala Daerah di Solo tahun 2005. Peraih Bung Hatta Anti Corruption Award ini kembali terpilih sebagai Wali Kota Solo pada Pilkada berikutnya.

JokowiPresiden Jokowi memantau persiapan kehidupan new normal pada masa pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@jokowi)

Jokowi dua tahun menjabat Wali Kota Solo periode kedua, PDI Perjuangan bersama Partai Gerindra menjemputnya dari Solo, membawanya ke Jakarta, memasangkannya dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju dalam pertarungan Pilkada DKI Jakarta 2012. Pasangan ini menang, menyingkirkan empat pasangan calon lain.

Dua tahun berikutnya, tahun 2014, kecemerlangan Jokowi menjadi isu nasional. Banyak pihak memintanya menjadi presiden Indonesia. Suara ini didengar PDI Perjuangan yang kemudian bersama partai koalisi memasangkan Jokowi dengan Jusuf Kalla untuk maju dalam pertarungan pemilihan presiden 2014. Jokowi-Jusuf Kalla mengalahkan rivalnya, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Lima tahun berikutnya, ayah Kaesang Pangarep dan juga kakek Jan Ethes ini kembali maju dalam Pilpres 2019. Ia kembali berhadapan dengan Prabowo. Bedanya kali ini Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin, Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno. 

Pertarungan sengit Pilpres 2019 kembali mengantar Jokowi sebagai pemenang, yang kemudian Jokowi merangkul Prabowo Subianto, menjadikannya Menteri Pertahanan.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memiliki tiga anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Memiliki tiga cucu, yaitu Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, dan La Lembah Manah.

Hari ini adalah tahun keenam Jokowi merayakan ulang tahun saat dirinya menjabat Presiden Republik Indonesia.

Selamat Berulang Tahun ke-59, Presiden Jokowi. []

Baca juga:

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...