loading...

Kamis, 25 Juni 2020

Foto-foto Mengharukan saat Pengungsi Rohingya Diselamatkan Nelayan Aceh | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Jakarta – Sebanyak 94 pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara diselamatkan oleh para nelayan dan tim SAR di daerah setempat.

Para masyarakat termasuk nelayan di daerah tersebut sebenarnya sudah diingatkan untuk tidak menurunkan pengungsi dari kapalnya, karena situasi covid-19 dan perlunya menjalankan protokol kesehatan.

Namun, nelayan tetap menyelamatkan dan membawa para pengungsi tersebut ke tempat aman.

Mereka telah dibawa ke bekas kantor imigrasi di Punteut, Kota Lhokseumawe, pada Kamis 25 Juni 2020 sore. Bekas kantor imigrasi itu pernah dipakai pada 2015 lalu untuk penampungan sementara pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, para pengungsi Rohingya itu dibawa seusai magrib dari Desa Lancok, sekitar 15 kilometer dari Kota Lhokseumawe.

Mereka dibawa ke daratan oleh para nelayan setelah mendapat desakan dari para penduduk sekitar.

"Mungkin karena latar belakang mereka yang terdampar beragama Islam, mungkin secara psikologis merasa persaudaraan, juga ada rasa kemanusiaan. Sehingga mereka minta para pengungsi diturunkan ke desa," terang Panglima Laot Aceh Utara, Hamdani Yacob, seperti dikutip dari BBC News.

Menurut Hamdani, pihaknya sudah memberi pemahaman kepada masyarakat kenapa para pengungsi tidak diturunkan. "Ini terkait situasi Covid. Kita harus mengikuti prokol kesehatan yang sedang dijalankan pemerintah," ujarnya.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...