loading...

Minggu, 21 Juni 2020

Dua pasien positif COVID-19 di Banyuwangi sembuh | Makassar Info Berita Terbaru


Banyuwangi (ANTARA) - Dua orang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur dinyatakan telah sembuh setelah hasil tes usap terakhir negatif sehingga total ada tujuh pasien di daerah itu yang dinyatakan negatif terinfeksi virus corona jenis baru.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono di Banyuwangi Minggu malam mengemukakan warga yang dinyatakan sembuh tersebut adalah pasien-10 dan pasien-12.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi tutup sentra kuliner langgar protokol kesehatan

"Dengan demikian, total ada tujuh pasien yang semula positif corona di Banyuwangi kini dinyatakan sudah sembuh," ujar Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Menurut dia, pasien-10 merupakan seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Glagah yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada 5 Juni 2020, sedangkan pasien-12 adalah seorang pria yang tinggal di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, yang terkonfirmasi positif sejak 11 Juni 2020.

Baca juga: Luhut nilai pariwisata Banyuwangi siap dibuka

"Keduanya saat itu adalah orang tanpa gejala (OTG). Selain menjalani perawatan di rumah sakit, mereka juga melakukan isolasi mandiri di rumah. Meski di rumah, namun mereka tetap dalam pantauan petugas kesehatan. Alhamdulillah dengan disiplin yang ketat, mereka berdua dinyatakan sembuh," ujarnya.

Meski telah dinyatakan sembuh, kata Rio, keduanya tetap diminta menerapkan protokol kesehatan layaknya warga lain, seperti menggunakan masker dan melakukan jaga jarak.

Baca juga: 91 pemandu wisata di Banyuwangi terima sertifikat protokol kesehatan

Ia menambahkan pada Minggu hari ini pihaknya juga menerima hasil tes usap yang telah dikirim dari Banyuwangi dan dari hasil tersebut ada 43 orang dinyatakan negatif corona.

"Ada 43 yang hasilnya dinyatakan negatif, mereka ada yang dari ODP, PDP, maupun yang merupakan hasil pelacakan dari kasus corona. Selain itu, gugus tugas juga menerima pemberitahuan tujuh pasien positif dalam perawatan masih menunjukkan hasil positif," ujarnya.

Dari jumlah keseluruhan pasien positif terinfeksi COVID-19 di Banyuwangi tercatat sebanyak 25 orang dengan rincian tujuh orang pasien telah sembuh, sisanya dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia.

Sementara itu di Kabupaten Situbondo, jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19, 21 Juni 2020 bertambah dua sehingga jumlah keseluruhan terdata 94 orang.

Dua pasien tambahan COVID-19 itu, yakni inisial AT (52), warga Desa/Kecamatan Jangkar, kontak erat dengan almarhum FA juga dari Desa Jangkar (status PDP meninggal dunia), dan inisial S (48), warga Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, kontak erat dengan almarhum inisial A, warga Desa Tenggir, Kecamatan Panji (status positif COVID-19 meninggal dunia).

Data sebaran COVID-19 di Situbondo menunjukkan, jumlah kasus COVID-19 hingga kini tercatat 94 orang, dengan rincian dalam perawatan 69 orang (rawat inap 13 orang, isolasi mandiri 35 orang dan dikarantina 21 orang), 16 pasien dinyatakan sembuh dan sembilan pasien meninggal dunia.



Sumber : Makassar.AntaraNews.Com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...