loading...

Senin, 29 Juni 2020

detiknews senin, 29 jun 2020 20:48 wib lab tes pcr covid 19 di rs unhas disetop sementara untuk dekontaminasi sampel spesimen hasil swab di rs unhas dialihkan sementara ke laboratorium rs wahidin sudirohusodo dan balai besar laboratorium kesehatan makassar. | Makassar Info Berita Terbaru


Makassar -

Laboratorium Mikrobiologi Klinik Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (Unhas) yang menjadi tempat pemeriksaan sampel COVID-19 dihentikan sementara. Penghentian operasional itu karena sedang dilakukan proses dekontaminasi.

Laboratorium RS Unhas merupakan salah satu laboratorium rujukan untuk pemeriksaan PCR di Sulsel. Disebutkan penghentian sementara pengoperasian laboratorium itu untuk mencegah kontaminasi di dalam laboratorium selama sepekan terakhir.

Humas Unhas Ishaq Rahman mengatakan, Laboratorium Mikrobiologi Klinik RS Unhas ditutup sementara dari 28 Juni hingga 1 Juli. Penutupan dilakukan dalam rangka proses dekontaminasi dan 'general cleaning'.

"Ini hal rutin yang selalu dilakukan setiap bulan. Di mana akibat banyaknya sampel-sampel yang masuk dikhawatirkan terjadi kontaminasi," ujar Ishaq, Senin (29/6/2020).

Menurut Ishaq, sampel-sampel spesimen hasil swab di RS Unhas dialihkan sementara ke laboratorium PCR terdekat seperti Laboratorium RS Wahidin Sudirohusodo dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

Ishaq menambahkan, selain penutupan sementara, Laboratorium Mikrobiologi Klinik RS Unhas juga baru saja menerima bantuan kit pemeriksaan baru dari berbagai lembaga, sehingga masa 'general cleaning' ini juga sekaligus untuk meng-install kit baru tersebut.

"Setelah proses ini selesai, proses pemeriksaan akan lebih optimal lagi, masa istirahat ini juga dimanfaatkan untuk mengistirahatkan mesin-mesin pemeriksa di laboratorium, yang selama masa COVID-19 ini bekerja luar biasa," ujar Ishaq.

(mna/idn)

Sumber : detikNews

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...