loading...

Selasa, 23 Juni 2020

china india janji tarik pasukan dari perbatasan di himalaya | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Komandan pasukan China dan India dilaporkan sepakat untuk menarik prajurit mereka di daerah perbatasan yang disengketakan di Himalaya.

Keputusan itu disampaikan kedua negara pada Selasa (23/6), pasca-bentrokan yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India.


Dilansir Associated Press, angkatan bersenjata India mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembicaraan di tingkat perwira diadakan di Moldo dalam suasana yang ramah, positif, dan konstruktif. Disebutkan juga ada kesepakatan bersama untuk menarik diri.

"Kedua pihak bertukar pandangan mendalam tentang isu-isu penting dalam pengendalian perbatasan saat ini dan (keduanya) setuju mengambil tindakan yang diperlukan untuk mendinginkan situasi," kata juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian.

Zhao membantah spekulasi seorang menteri pemerintah India yang mengatakan bahwa 40 tentara China tewas dalam bentrokan 15 Juni lalu.

"Saya dapat memberitahu Anda secara bertanggung jawab bahwa ini adalah informasi yang salah," ujarnya dalam jumpa pers.


India menyatakan bahwa 20 tentaranya tewas dalam serangkaian bentrokan di perbatasan. Sementara China belum merilis informasi jumlah korban dari pihaknya, tetapi diduga jumlahnya diperkirakan mencapai puluhan.

Bentrokan antara China dan India di perbatasan Himalaya terjadi sejak Mei lalu. Puncaknya terjadi pada 15 Juni lalu ketika proses penurunan ketegangan sedang berlangsung di Lembah Galwan, di daerah Aksai Chin-Ladakh yang disengketakan.

Zhao Lijian mengatakan bentrokan terjadi setelah tentara India melintasi perbatasan hingga dua kali. Menurutnya, tentara India kemudian melakukan provokasi dan menyerang tentara China.


Infografis Jejak Sengketa Perbatasan India-China

Akan tetapi, India menyebut pasukan China melakukan pergerakan yang cukup signifikan di perbatasan dekat Himalaya. Wilayah itu hingga kini masih menjadi sengketa antara kedua negara.

(ans/ayp)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...