loading...

Minggu, 21 Juni 2020

bph migas dorong pembangunan spbu mini di area kecamatan | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menyempatkan diri meninjau Mobil Indostation atau SPBU Mini Exxon Mobil di Kabupaten Serang dan Cilegon dalam kegiatan pengawasan lapangan di Banten, Jumat (19/6).

Indostation atau SPBU Mini Exxon Mobil merupakan kerja sama PT Exxon Mobil Indonesia dengan PT Indomobil Prima Energi selaku anak usaha Salim Group. Exxon Mobil menggarap pilot project SPBU mini sejak akhir tahun 2018, dengan menyasar daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh SPBU komersil.

SPBU Mini Exxon Mobil memiliki satu tangki penyimpanan berkapasitas 3.500 liter BBM. Dalam satu hari, setiap SPBU mini bisa menjual rata-rata 400 liter BBM. Jenis BBM yang dijual adalah Ron 92 dengan merk Mobil 92R, dibanderol seharga Rp.9.100/liter.

Ifan, panggilan Fanshurullah mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih 7.251 penyalur BBM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut ternyata belum memenuhi kebutuhan masyarakat, karena distribusi BBM baru mencapai rasio 265,15 km2/penyalur.

"Oleh karena itu, BPH Migas mendorong Pembangunan Mini SPBU Berbasis Kecamatan dengan harapan untuk menjamin ketersediaan dan pendistribusian BBM kepada masyarakat pada wilayah yang belum terdapat penyalur," ujar Ifan.

Ifan menjelaskan, Pembangunan Mini SPBU Berbasis Kecamatan adalah kolaborasi antara Badan Usaha Niaga BBM yang bisa dilakukan bersama koperasi, pesantren, maupun BUMDES. Saat ini, beberapa badan usaha di Indonesia disebut sudah menyediakan kesempatan untuk membangun mini SPBU, seperti Pertashop (PT. Pertamina), G-Lite (PT. Garuda Mas Energi), serta Exxon Mobil dan Indomobil Prima Energi dengan komoditas jenis BBM Umum yaitu BBM non-subsidi yang memiliki spesifikasi oktan di atas 90.

SPBU Mini Exxon Mobil memiliki biaya investasi sekitar Rp65 juta sampai Rp85 juta di luar lahan. Seseorang yang berminat jadi mitra akan perlu menyiapkan biaya kurang lebih Rp40 juta untuk deposit pasokan BBM dan suku cadang. Dengan modal itu, mitra berhak mendapatkan 1 mikrosite unit (tangki BBM), 1 Indostation unit yang merupakan gabungan bengkel sekaligus gerai penjualan oli serta sparepart motor, juga sistem dan pemeliharaan, peralatan keamanan, buku panduan, serta pelatihan karyawan dan seragam.

(rea)

Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...