loading...

Sabtu, 27 Juni 2020

amazon beli startup teknologi swakemudi us 1,2 m | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta - Amazon, perusahaan teknologi dan pengelola e-commerce mengakuisisi perusahaan rintisan (startup) teknologi swakemudi, Zoox dengan nilai transaksi diperkirakan mencapai US$ 1,2 miliar. 

Pembelian ini merupakan investasi terbesar yang dilakukan Amazon di sektor kendaraan otonom atau mobil tanpa kemudi. Pembicaraan awal antara kedua perusahaan itu sudah dilakukan pada Mei lalu.

Mengakuisisi Zoox merupakan strategi yang terlalu ambisius.

Baca Juga: Amazon Beli Saham Operator Seluler India US$ 2 M 

Menurut sumber yang mengetahui kesepakatan akuisisi ini menyebutkan bahwa Amazon menggaet Zoox untuk membangun armadi taksi berteknologi swakemudi. Hal ini untuk bisa bersaing dengan Alphabet's Waymo, perusahaan pembuat kendaraan swakemudi yang didirikan oleh Google.

Zoox akan bekerja menciptakan dan merancang teknologi swakemudi kelas dunia.

Seperti diberitakan dari ft.com, kalangan analis malah menyarankan agar Amazon memanfaatkan Zoox untuk memproduksi kendaraan swakemudi untuk pengiriman ketimbang armada taksi.

Brent Thill, analis di Jeffries meragukan kemampuan Amazon menggandeng Zoox memproduksi taksi tanpa supir. "Itu adalah strategi yang terlalu ambisius," katanya.

Manajamen Amazon menyebutkan dalam akuisisi ini pihaknya tidak akan menjadi pengendali. Zoox akan beroperasi sebagai bisnis mandiri. "Zoox akan bekerja menciptakan dan merancang teknologi swakemudi kelas dunia," kata Jeff Wilke,CEO Amazon, Worldwide Consumer.

Amazon serius dalam mengembangkan bisnis kendaraan swakemudi untuk menunjang bisnis utamanya sebagai perusahaan e-commerce. Belum lama ini, Amazon juga membeli perusahaan yang memproduksi truk listrik, Rivian dan Aurora, dengan porsi saham yang kecil.

Simak Pula: Amazon Siap Beli Jaringan Bioskop Internasional

"Seperti Amazon, Zoox bersemangat tentang inovasi dan tentang pelanggannya, dan kami senang membantu tim Zoox yang berbakat untuk mewujudkan visi mereka di tahun-tahun mendatang," tutur Wilke. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...