loading...

Rabu, 06 Mei 2020

Susul Garuda, Lion Group Beroperasi Mulai 10 Mei | Makassar Info Berita Terbaru


Jakarta, CNN Indonesia -- Lion Air Group bakal membuka kembali layanan rute penerbangan domestik untuk tiga maskapai yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air mulai 10 Mei mendatang.

Sebelumnya langkah yang sama juga telah diambil maskapai Garuda Indonesia yang kembali beroperasi mulai hari ini. Sementara Agen perjalanan seperti tiket.com dan pegi-pegi.com pun telah mulai memasarkan tiket pesawat untuk keberangkatan mulai 10 Mei mendatang.

Lion Air menyatakan layanan penerbangan tersebut akan dilakukan sesuai peraturan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, dan Peraturan Kementerian Perhubungan Nomor 31 Tahun 2020 tentang pengaturan transportasi udara selama masa dilarang mudik.


"Lion Air Group dalam beroperasi tetap menjalankan Standard Operational Procedure (SOP), melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang diberlakukan, serta tidak menyebabkan penyebaran Covid-19," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndoenesia.com, Kamis (7/5).

Danang menyebutkan para calon penumpang dapat melakukan pemesanan tiket di Kantor pusat dan kantor cabang Lion Air Group di Tanah air, melalui kontak layanan pelanggan, situs resmi dan juga aplikasi pemesanan pada perangkat telepon genggam.

Mereka yang ingin melakukan pemesanan harus melengkapi dokumen perjalanan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri, sesuai aturan.

Danang mengklaim pihaknya akan menaati segala prosedur dan protokol kesehatan penerbangan di tengah pandemi covid-19, baik pemeriksaan fisik kepada calon penumpang, awak maskapai, hingga kebersihan interior dan eksterior tubuh pesawat.

"Pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan," kata dia.

Selain itu, Danang menyatakan ada perpindahan terminal terhitung mulai pengoperasian kembali pada Minggu (10/5) mendatang hingga batas waktu yang masih belum ditentukan.

Penyesuaian terminal keberangkatan dan kedatangan tercatat sebagai berikut:

1. Penerbangan domestik Lion Air dari Terminal 1A pindah ke Terminal 2E Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,

2. Penerbangan internasional Lion Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion Air dari Terminal 2F pindah ke Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,

3. Penerbangan domestik Batik Air dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pindah ke Terminal 2E (layanan Batik Air tetap di Terminal 2E),

4. Penerbangan domestik Wings Air tetap di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma.

Langkah Lion Air ini juga telah diambil PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang mulai membuka reservasi penerbangan pada situs resminya, serta resmi kembali terbang mulai hari ini, Kamis (7/5).

Keputusan penjualan tiket tersebut sejalan dengan pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang telah mengizinkan transportasi tetap beroperasi di tengah Pembatasan penyebaran covid-19. Namun perlu digarisbawahi, operasional terbatas untuk kebutuhan mendesak, seperti orang sakit, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan tugas negara.

Penjabaran aturan tersebut merupakan turunan dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Angkutan Udara Idul Fitri 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. (kha/vws)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : CNNindonesia.com

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...