loading...

Kamis, 07 Mei 2020

Prapanca Sang Bhiksu Buddha yang Nyeniman | Makassar Info Berita Terbaru


Prapanca (nama samaran), adalah Bhiksu Buddha, penulis Kitab Nagarakretagama, sekretaris pribadi Raja Hayam Wuruk, Majapahit. Justru saat Prapanca menjadi sekretaris pribadi Hayam Wuruk, agama Buddha dikesampingkan oleh Sang Raja. 

Padahal nenek Hayam Wuruk sendiri adalah seorang Bhiksuni yaitu ibu Gayatri, putri Raja Kertanagera. Ibu Gayatri adalah pendiri Majapahit sekaligus istri Sang Amurwa bhummi alias Raden Wijaya alias Sang Abhiseka. 

Raden Wijaya adalah anak Lembu Tal dari garis Ken Arok-Ken Dedes, sedang Gayatri adalah puteri Kertanegara dari garis keturunan Ken Dedes-Tunggul Amatetung. Keduanya adalah simbol runtuhnya kutukan Mpu Gandring yang berawal saat Ranggawuni menikahi adik Mahesa Wongateleng.

Persaingan antaragama negara di era Hayam Wuruk sungguh luar biasa, dalam merebut perhatian Sang Raja.

Mengapa namanya harus disamarkan? Prapanca takut akibat kritik-kritik pedasnya, dia akan diteror oleh agama negara lainnya. Zaman Majapahit sudah ada 'kadrun'.

Dalam Kitab Nagarakretagama pupuh 114 kalau tidak salah, Prapanca secara terbuka mengkritik Hayam Wuruk dengan bahasa yang sangat sarkastik. Yaitu, Prapanca bilang: it is used to be Buddhist Temple here. 

Yang maknanya kira-kira Prapanca protes kepada Hayam Wuruk bahwa kerajaan tidak merawat candi-candi Buddha. Habis itu, Hayam Wuruk memerintahkan memugar semua candi Buddha yang ada di wilayah Majapahit.

Persaingan antaragama negara di era Hayam Wuruk sungguh luar biasa, dalam merebut perhatian Sang Raja.

Kitab Nagarakretagama adalah buku harian Raja Hayam Wuruk yang ditulis Mpu Prapanca.

Perjalanan hidup spiritual Prapanca mirip dengan Lohgawe (zaman Akuwu Tumapel: Tunggul Ametung).

Selamat Hari Waisak

*Akademisi Universitas Gadjah Mada

Baca juga:

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...