loading...

Kamis, 07 Mei 2020

Pertama Kalinya, Azan ikut Berkumandang di Inggris di Tengah Lockdown | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, London – Mengikuti negara-negara lainnya, Inggris juga membolehkan Masjid-masjid di wilayah London Timur menyiarkan azan di depan umum. Untuk pertama kalinya sejak diberlakukannya lockdown selama Ramadan.

Otoritas setempat, Waltham Forest, menyetujui sembilan masjid dapat melakukan azan karena masjid ditutup dan umat Islam tidak dapat sholat berjamaah seperti biasanya, pada saat ini.

Panggilan untuk sholat pertama kali disiarkan kemarin dan akan berlanjut saat matahari terbenam setiap hari, sepanjang bulan puasa Ramadan, dan juga untuk shalat Jumat.

Arfan Abrahim, yang merupakan bagian dari kelompok yang meminta dewan untuk mengizinkannya, mengatakan bahwa hal ini terjadi di Whitechapel, masjid London Timur. Menurutnya, selama bertahun-tahun di sisi London ini tidak pernah terjadi.

Dewan Masjid Hutan Waltham meminta izin untuk menyiarkan panggilan sholat mengingat keadaan khusus.

Baca juga:

Abrahim (35) mengatakan bahwa Ramadan ini adalah pengalaman yang sangat berbeda dari biasanya karena orang tidak bisa pergi ke masjid dan berdoa.

"Karena masjid adalah titik fokus, terutama bulan ini tidak bisa melakukannya dan itu sangat menyedihkan. Itu adalah sesuatu yang tidak ingin saya alami lagi, tetapi kita harus beradaptasi dan poin plusnya adalah kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga dan berdoa bersama sebagai keluarga, menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak," katanya, dilansir laman Metro.co.uk, Rabu 6 Mei 2020.

"Untuk orang tua saya di rumah, mereka berada di taman dan mendengarnya, setidaknya mereka bisa mendengarkannya dan mendengarnya datang langsung dari masjid," katanya.

Itu sangat berarti bagi mereka bahwa masjid itu masih ada dan tetap melayani tujuannya.

Dia mengatakan bahwa sebelum panggilan sholat disiarkan, dia dan yang lainnya telah meninggalkan rumah-rumah di daerah sekitarnya untuk menjelaskan apa yang akan terjadi.

"Ketika matahari terbenam adalah ketika kita berbuka puasa, sehingga ketika kita mendengar panggilan untuk berdoa kita tahu waktunya berbuka," kata Abrahim.

"Biasanya kita berbuka bersama dan berdoa bersama di masjid tetapi karena virus corona sekarang adalah waktu yang kita tidak bisa memasuki masjid. Semoga mereka yang dekat dengan masjid akan mendengar panggilan sholat dan menemukan sedikit hiburan. Tolong semua orang tinggal di rumah dan tetap aman," kata Wakil sekretaris jenderal Asosiasi Islam Hutan Waltham Irfan Akhar.

Dewan Masjid Hutan Waltham mengatakan: "Kami percaya ini tidak akan merepotkan siapa pun dan berharap Anda menikmati Adzan yang merdu."

Azan akan memakan waktu kurang dari lima menit dan perhatian akan diambil untuk tidak menyebabkan gangguan ke lingkungan sekitar.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...