loading...

Sabtu, 23 Mei 2020

Kemensos Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Kaum Marginal di Sulawesi | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Makassar – Menghadapi musibah pandemi covid-19 yang belum mereda dan sangat berdampak pada tatanan kehidupan masyarakat, terutama bagi kelompok marginal, rentan dan miskin.

Kemensos hadir melalui Balai dan Loka yang berada di wilayah Sulawesi Selatan dan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, membagikan bantuan sosial (bansos) berupa 3023 paket sembako.

Anggaran bansos sembako ini didapatkan dari hasil refocussing anggaran dari masing-masing UPT di lingkungan Ditjen Rehabilitasi Sosial. Terdapat 41 UPT Ditjen Rehsos yang tersebar di seluruh Indonesia turut serta membagikan paket bansos ini.

Khusus di Sulawesi, sejumlah 3023 paket bansos sembako akan disalurkan melalui tiga Balai dan dua Loka yang berada di wilayah regional Sulawesi Selatan, yaitu Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli Makassar, Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji di Gowa, Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makassar, Loka Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA (LRSKPN) Pangurangi Takalar, dan Loka Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (LRSODHIV) Pangurangi Takalar.

Balai Anak Toddopuli Makassar membagikan paket sembako sebanyak 413 paket di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, Balai Lansia Gau Mabaji di Gowa membagikan paket sembako di Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 600 paket.

Baca juga:

Dan Balai Disabilitas Fisik Wirajaya Makassar membagikan paket sembako di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa sebanyak 650 paket, Loka NAPZA Pangurangi Takalar membagikan paket sembako di Kabupaten Takalar, Kabupaten Gowa.

Dan Kota Makassar sebanyak 1150 paket dan Loka Orang Dengan HIV Pangurangi Takalar membagikan paket sembako di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 210 paket.

Masing-masing penerima bantuan akan menerima paket bansos sembako yang jenis bantuannya diberikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok penerima.

Syaiful Samad mewakili Kepala UPT Kemensos mengatakan jenis bansos sembako ini dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu jenis sembako pertama diberikan pada kelompok Penyandang Disabilitas, Tuna Susila dan Korban Perdagangan Orang, serta untuk Korban Penyalahgunaan NAPZA, jenis sembako kedua diberikan pada kelompok lansia dan jenis sembako ketiga diberikan pada kelompok khusus anak.

"Jenis bansos sembako pertama merupakan paket berisi beras, biskuit, minyak goreng, mie instan, sarden, telur, sabun mandi, dan sabun cuci," ujarnya.

Pada jenis sembako khusus lansia kata dia isinya sama dengan jenis sembako pertama, namun biskuit diganti dengan susu khusus untuk lansia.

Sedangkan pada jenis sembako untuk anak berisi beras, susu khusus anak, sosis, telur, cereal, dan biskuit anak.

"Untuk mensikapi kebutuhan hidup masyarakat yang semakin meningkat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 ini, bansos sembako sebagian sudah di salurkan kepada penerima, sisanya akan dibagikan setelah Hari Raya Idul Fitri," urainya.

Dijelaskan juga bahwa pemberian bansos sembako diberikan kepada kelompok marginal yang belum tersentuh bantuan sosial lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bansos Reguler Program Rehabilitasi Sosial.

"Data penerima bantuan sembako ini juga telah dikoordinasikan dengan Dinas Sosial, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Dinas Kesehatan setempat, sehingga dapat dipastikan data penerima bantuan merupakan data yang valid," pungkasnya.

Selain itu, diharapkan dengan adanya bansos sembako ini dapat membantu meringankan beban masyarakat kelompok marginal terdampak Covid-19 yang belum tersentuh bantuan lainnya.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...