loading...

Sabtu, 23 Mei 2020

Gambang, Sajian Khas Lebaran di Tanah Bugis | Makassar Info Berita Terbaru


Makassar - Selain menikmati makanan berat di hari Lebaran, ada juga makanan yang dijadikan sebagai cemilan seperti Gambang atau Tape Ketan Hitam. Gambang ini sangat populer sebagai sajian khas lebaran khusunya di Tanah Bugis seperti Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, dan Sidrap.

"Salah satu yang menjadi tradisi saat lebaran di kampung halaman saya di Wajo adalah Gambang. Jika tidak ada Gambang tersedia saat momen lebaran akan terasa kurang," kata Nursia, salah seorang warga asli Wajo yang kini menetap di Makassar.

Nursia menambahkan, di setiap momen massiara atau tradisi silaturahmi saling mengunjungi kerabat dan sahabat, Gambang selalu ada sebagai hidangan khas Lebaran menjamu tamu.

Salah satu yang menjadi tradisi saat lebaran di kampung halaman saya di Wajo adalah Gambang.

Bahan dasar Tape ini kata Nursia, yakni beras Ketan Hitam dan ketan keduanya dikukus terlebih dulu kemudian diberi ragi. Umumnya, Tape mulai dibuat dua hari sebelum hari Lebaran.

"Jadi saat Lebaran tiba, Tape sudah masak berkuah dan siap untuk dihidangkan dengan cita rasa manis yang dihasilkan oleh campuran ragi berkualitas," katanya. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...