loading...

Kamis, 07 Mei 2020

Deretan Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama | Makassar Info Berita Terbaru


Mataram - Berpuasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam di bulan Ramadan. Ibadah yang dijalankan dengan menahan lapar dan dahaga ini dilakukan sejak imsak atau saat waktu salat subuh tiba hingga terbenamnya matahari.

Durasi lamanya berpuasa dalam satu hari juga menjadi tantangan bagi umat Islam. Jika umumnya, seorang muslim berpuasa selama 13 jam per hari, ada beberapa negara yang menjalankan ibadah puasa selama 17 hingga 20 jam dalam satu hari.

Berikut Tagar informasikan negara-negara dengan waktu puasa terlama di dunia.

1. Kanada

Negara yang pernah menduduki posisi ke-7 sebagai negara terbahagia di dunia menurut Happiness Report 2018 ini menjadi salah satu negara dengan waktu puasa terlama. Kanada memiliki durasi puasa selama kurang lebih 17 jam dalam sehari.

Sebagai salah satu negara terluas, waktu puasa di Kanada berbeda-beda di setiap kotanya. Di kota Edmonton misalnya, umat muslim di kota itu bisa menjalani ibadah puasa selama sekitar 19 jam per hari.

2. Jerman

Hampir sama dengan Indonesia, muslim di Jerman mulai berpuasa sekitar pukul 04.00 pagi. Namun, negara yang beribu kota di Berlin ini punya waktu berbuka puasa yang jauh lebih lama, yaitu pukul 22.00 waktu setempat. Dengan begitu, Jerman punya durasi puasa sekitar 18-19 jam dalam sehari.

3. Swedia

Muslim di Swedia punya tantangan tersendiri dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Pasalnya, negara asal pesepak bola Zlatan Ibrahimovic ini memiliki durasi puasa selama hampir 20 jam dalam satu hari. Terlebih, muslim di Swedia hanya berjumlah sekitar 5 persen dari total populasi yang ada.

4. Finlandia

Ramadan tahun ini, Finlandia punya durasi puasa selama 20 jam sehari. Sebelumnya, pada 2016, negara dengan lebih dari 3 juta tempat sauna ini pernah merasakan puasa selama sekitar 23 jam sehari mulai dari pukul 01.00 pagi sampai pukul 12.00 pagi waktu setempat. Saat itu, matahari tenggelam di di Finlandia hanya selama 55 menit.

5. Norwegia

Pada Mei 2020, waktu puasa umat muslim di Norwegia akan jauh lebih panjang dari biasanya. Hal tersebut disebabkan karena musim panas yang semakin dekat. Jika seorang muslim mulai berpuasa pada waktu subuh (tengah malam) waktu setempat, maka dia akan berpuasa hingga waktu magrib, yang mana totalnya sekitar hampir 20 jam.

Namun, beberapa pendapat ahli menyatakan waktu tersebut bisa dipangkas hingga menjadi 14 jam saja dalam satu hari.

6. Denmark

Negara dengan sistem monarki tertua ini juga menjadi salah satu negara dengan waktu berpuasa terlama. Durasi puasa warga muslim di Denmark bisa mencapai sekitar 20 jam dalam satu hari. []

Berita terkait



Sumber : Tagar.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...