loading...

Selasa, 07 April 2020

Penanggulangan Covid 19 Makassar Hanya Rp30 Miliar, Cukupkah? | Makassar Info Berita Terbaru


  Jumlah dana yang dikeluarkan Pemkot Makassar dinilai tak bisa menutupi untuk kebutuhan APD.

AksaraINTimes.id – Kota Makassar menggelontorkan anggaran sebesar Rp 30 Miliar untuk penanggulangan wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Anggaran yang tengah dibahas oleh DPRD Makassar tersebut akan digunakan untuk pembelian kebutuhan rumah sakit dan puskesmas dalam menangani Covid-19.

Salah satu yang menjadi prioritas dalam alokasi anggaran tersebut yakni pembelian Alat Pelindung Diri (APD). Alat tersebut khusus bagi para medis di rumah sakit dan puskesmas se-Kota Makassar yang saat ini mengalami kekurangan.

Dalam berbagai penulusuran AksaraINTimes.id, nilai yang bersumber dari Anggaran Belanja daaerah (APBD) 2020, khususnya sektor refocusing anggaran tersebut, dinilai tidak cukup untuk penanggulangan virus yang awalnya bernama nCov19 tersebut.

Pandagan tersebut salah satuya dari Wakil Ketua DPRD Makassar yang juga anggota Fraksi Demokrat, Adi Rasyid Ali. Menurutnya, Pemkot Makassar perlu mengalokasikan lagi tambahan agar bisa mencapai Rp 100 Miliar, sesuai yang ditargetkan sebelumnya.

"Pemkot membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD), untuk pencegahan, Pemkot siapkan anggaran Rp30 miliar, kita butuhkan tambahan dari dana DID dan DAK. Tapi ini ada di pusat, kami belum dapatkan anggaran itu, jadi kami tinggal menunggu," ujar Ara, akronim akrab Adi Rasyid Ali, Selasa (7/4/2020).

Ara menilai, anggaran tersebut juga tidak akan cukup jika untuk penanganan dampak Covid-19, seperti kebutuhan logistik masyarakat ekonomi bawah yang tidak bisa bekerja di situasi saat ini.

"Nah, untuk dampak kita msih butuh lebih banyak. Butuh tambahan untuk warga yang terdampak, misalnya bantuan sembako. Jadi Kemarin itu Pemkot target kan Rp100 miliar," tutup Ara.

Penulis: Gunawan Songki



Sumber : Aksaratimes.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...