loading...

Kamis, 26 Maret 2020

Pemkot Siapkan Ruang Isolasi di RSUD Daya, Gedung Terpisah dengan Pasien Umum | Makassar Info Berita Terbaru


RSUD Daya Makassar sebagai tempat yang digunakan untuk isolasi pasien corona, rencananya akan menampung lebih dari 40 tempat tidur.

AksaraINTimes.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar saat ini mulai bertindak cukup ketat dalam menghadapi wabah covid-19. Mereka tengah menyiapkan ruang isolasi penanganan pasien yang terjangkit virus di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar, Kamis (26/03/2020).

Persiapan tersebut dibenarkan oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Ia mengatakan, RSUD Daya Makassar rencananya akan menampung lebih dari 40 tempat tidur.

"Ruang isolasi standar di RSUD Daya, dengan kapasitas kurang lebih ada 40 tempat tidur di dua gedung. Ruangan isolasinya harus standar, bukan ruang isolasi biasa," kata Iqbal melalui keterangan rilis resmi dari Pemkot.

Pemkot memastikan, pihak mereka terus melakukan pengerjaaan dan sesegera mungkin akan memenuhi kebutuhan ruangan isolasi di RSUD Daya Makassar. Mereka mulai menggenjot agar fasilitas yang disipakan bisa menunjang sebagai syarat ruangan isolasi standar dalam penanganan virus corona di Makassar.

"Kami harapkan kurang dari satu minggu pengerjaan ruang isolasi ini, secara umum semuanya sudah siap, dari tempat tidurnya dan lain-lainnya, semua sudah siap. Kita akan tambahkan APD (Alat Pelindung Diri) juga nantinya," lanjut Iqbal.

Rabu kemarin, ketika meninjau kesiapan RSUD Daya, Iqbal menyampaikan percepatan pengerjaan ruang isolasi, merupakan langkah taktis untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien yang terpapar virus covid-19.

Sementara, Wakil Direktur Pelayanan Medik RSUD Kota Makassar, drg. Hasni MARS saat mendampingi Iqbal menjelaskan, gedung isolasi yang disiapkan ini terpisah dengan akses gedung lainnya.

"Seluruh ruangan di lantai empat, dikhususkan untuk penanganan pasien covid-19, baik itu ODP, PDP, maupun yang positif. Untuk aksesnya, juga sudah disiapkan jalur keluar-masuk pasien yang berbeda dengan pasien umum lainnya, jadi betul-betul terpisah. Liftnya juga disiapkan khusus, hanya bisa diakses langsung ke lantai empat, tidak bisa berhenti di lantai lainnya", terang Hasni yang sama-sama dijumpai saat pemkot melakukan peninjauan di RSUD Daya.

Perkembangan terbaru penyebaran virus Corona di Makassar, berdasarkan data Pemkot Makassar saat ini, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah sekitar 40 orang, 4 orang proses pemantauan, dan 36 orang dalam pemantauan.

Sedangkan, untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 59 orang, 49 masih dalam perawatan, 7 orang sudah pulang dan sehat, sedangkan 4 orang meninggal.

Daftar Pasien positif hingga saat ini berjumlah 11 orang, diantaranya 10 orang masih dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Penulis: Jordan Syukur



Sumber : Aksaratimes.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...