loading...

Kamis, 26 Maret 2020

Obat Untuk Sembuhkan Pasien Corona Sudah Ada di Makassar | Makassar Info Berita Terbaru


Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan obat yang digunakan untuk menyembuhkan pasien terpapar Virus Corona sudah ada di Makassar.

Obat ini sudah tersedia di Rumah Sakit rujukan di Kota Makassar. Meskipun begitu, penggunaa obat ini tetap merujuk keputusan para dokter yang menangani pasien.

"Yah, itu sudah tersedia," kata Iqbal, Kamis 26 Maret 2020.

Obat yang dimaksud Iqbal adalah obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan malaria, bernama Chloroquine phosphate. Obat ini dipercaya ampuh mengobati pasien yang terpapar Covid-19 di Jepang.

Dalam uji laboratorium terhadap sel-sel yang terinfeksi virus asal Wuhan, Cina, antivirus di obat antimalaria termasuk yang paling efektif.

Editor Pick

Menyikapi temuan tersebut, Iqbal mengatakan obat tersebut juga bakal digunakan di Kota Makassar.

"Apalagi itu sudah efektif di Jepang sebagai salah satu obatnya untuk Corona," kata Iqbal.

Penggunaan obat Cloroquine, menurut Iqbal, telah sesuai standar medis. Obat ini rencananya akan digunakan, baik orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), maupun yang telah positif Corona.

Terlebih, kata Iqbal, Presiden Jokowi juga telah mempersiapkan obat tersebut. Pasalnya, Chloroquine ini juga telah mendapat persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

"Saya pikir itu sudah terstandar, dan itu sudah bisa dipakai. Bahkan pak Presiden juga sudah setujui," katanya.



Sumber : Terkini.id

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...