loading...

Kamis, 26 Maret 2020

detikNews Kamis, 26 Mar 2020 20:40 WIB Kadinkes Jelaskan Sebab Kasus Positif Corona di Sulsel Meningkat Drastis Spesimen Corona dari pasien dalam pengawasan di Sulsel tak lagi dikirim ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta, melainkan sudah dicek di Laboratorium Unhas. | Makassar Info Berita Terbaru


Makassar -

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkat drastis dari 13 orang menjadi 27 orang. Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari menyebut data positif Corona di Sulsel meningkat karena Sulsel sudah mengecek sendiri spesimen Corona.

"Apa yang menjadi penyebab sehingga kelihatannya jumlahnya (positif Corona) banyak, itu karena di laboratorium kita sudah cepat mendapatkan hasilnya," ujar Ichsan dalam keterangannya di Makassar, Kamis (26/3/2020) malam.

Saat ini spesimen Corona dari pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulsel tidak lagi dikirim ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta, melainkan sudah dicek oleh Laboratorium Unhas dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes di Makassar. Menurut Ichsan, kecenderungan peningkatan data positif Corona memang terjadi di daerah yang sudah melakukan pengecekan sendiri.

"Tapi di beberapa daerah peningkatan jumlahnya itu tidak secepat Makassar karena Makassar punya laboratorium sendiri (untuk mengecek Corona)," katanya.

Ichsan menyebut perhatian khusus memang harus diberikan ke Sulsel dengan terus meningkatnya kasus positif Corona di Sulsel. Dari 27 orang yang positif Corona, sebagian besar dari mereka diketahui baru saja pulang dari umroh dan ada juga yang baru saja mengikuti acara perkumpulan di Kota Raha, Pulau Muna, Sulawesi Tenggara.

"Model transmisi virus (Corona) yang ada saat ini, memang betul ada local transmission. Jadi klaster-klaster yang ada memang ada yang dari Umrah, ada juga import case dari Raha (Kabupate Muna, Sultra), ada kemarin pertemuan di sana dan banyak yang datang dari sana yang sementara dirawat dan positif," jelas Ichsan.

Sementara itu, belum ada kasus positif Corona di Sulsel yang sempat mengikuti acara Ijtima Dunia di Kabupaten Gowa. "Terkait ijtima, alhamdulillah sampai sekarang juga belum ada yang ODP sampai PDP, kita bersyukur karena tidak ada dari sana," imbuhnya.

(nvl/idn)

Sumber : detikNews

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Adbox
loading...