Di bawah ini ada bbrp contoh bayi yg dibawa ke RSUD di Marabose; bayi2 ini sakit berat karena kebiasaan perawatan bayi baru lahir di masyarakat yang tidak benar, antara lain: . 1. Tali pusat ditaburi bedak dicampur kunyit (gambar 1) 2. Tali pusat ditaburi jahe bakar yg ditumbuk halus (gambar 2) 3. Gambar selang lambung dengan produk yg berwarna coklat dan merah, menandakan ada perdarahan di lambung, akibat bayi diberi COKO, diberi minum kopi atau perasan daun pare dg keyakinan utk membersihkan saluran pencernaan. (gambar 3) . Perawatan yang benar adalah sbb: 1. Tali pusat tidak perlu diberi/ditaburi apapun, biarkan kering dan terbuka, dalam waktu sekitar 5-14 hari akan kering dan lepas sendiri. 2. Minuman terbaik untuk bayi baru lahir adalah ASI. Pemberian kopi atau perasan daun pare dengan keyakinan spy pencernaan bayi bersih, menghilangkan lendir, spy bayi kuat dan tidak kejang adalah kepercayaan yang tidak benar. Kotoran bayi di hari2 awal kehidupan memang warnanya hitam, itu normal, nanti setelah bayi minum asi, akan menjadi kuning dengan sendirinya. . Smg tidak terulang lagi bayi2 kita sakit berat karena kepercayaan yang keliru. . Trmksh. . . Kisah : Rivandi Nurwan (Dokter spesialis anak) Download with nice filename



Di bawah ini ada bbrp contoh bayi yg dibawa ke RSUD di Marabose; bayi2 ini sakit berat karena kebiasaan perawatan bayi baru lahir di masyarakat yang tidak benar, antara lain:

.

1. Tali pusat ditaburi bedak dicampur kunyit (gambar 1)

2. Tali pusat ditaburi jahe bakar yg ditumbuk halus (gambar 2)

3. Gambar selang lambung dengan produk yg berwarna coklat dan merah, menandakan ada perdarahan di lambung, akibat bayi diberi COKO, diberi minum kopi atau perasan daun pare dg keyakinan utk membersihkan saluran pencernaan. (gambar 3)

.

Perawatan yang benar adalah sbb:

1. Tali pusat tidak perlu diberi/ditaburi apapun, biarkan kering dan terbuka, dalam waktu sekitar 5-14 hari akan kering dan lepas sendiri.

2. Minuman terbaik untuk bayi baru lahir adalah ASI. Pemberian kopi atau perasan daun pare dengan keyakinan spy pencernaan bayi bersih, menghilangkan lendir, spy bayi kuat dan tidak kejang adalah kepercayaan yang tidak benar. Kotoran bayi di hari2 awal kehidupan memang warnanya hitam, itu normal, nanti setelah bayi minum asi, akan menjadi kuning dengan sendirinya.

.

Smg tidak terulang lagi bayi2 kita sakit berat karena kepercayaan yang keliru.

.

Trmksh.

.

.

Kisah : Rivandi Nurwan (Dokter spesialis anak)

Download with nice filename



Sumber : instagram makassar_iinfo

LiputanMakassar.com Kami Mengumpulkan serta Menyajikan berita dari sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar